Pengembangan Paket Pembelajaran
Berbantuan Komputer untuk Mata Pelajaran
Dasar-dasar Operasi Teknik Kimia
Oleh:
Surip
06707254014
Tesis Ditulis untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan
dalam Mendapatkan Gelar Magister Pendidikan
Program Studi Teknologi Pembelajaran
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2009
Berbantuan Komputer untuk Mata Pelajaran
Dasar-dasar Operasi Teknik Kimia
Oleh:
Surip
06707254014
Tesis Ditulis untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan
dalam Mendapatkan Gelar Magister Pendidikan
Program Studi Teknologi Pembelajaran
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2009
ABSTRAK
Surip; Pengembangan Paket Pembelajaran Berbantuan Komputer untuk Mata Pelajaran Dasar-dasar Operasi Teknik Kimia. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, 2009
Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan suatu produk paket pembelajaran berbantuan komputer yang layak digunakan untuk pembelajaran dasar-dasar operasi teknik kimia bagi peserta didik SMKN 2 Depok Sleman program keahlian kimia industri. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan didukung dengan pendekatan kualitatif.
Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket dengan Skala Likert pada skala 1 sampai 5. Produk awal divalidasi menggunakan expert judgement terdiri dari ahli materi dan ahli media pendidikan. Produk yang telah direvisi kemudian diujicobakan dengan tahap-tahap: (1) uji coba perorangan dilakukan oleh 3 orang peserta didik, (2) uji coba kelompok kecil dilakukan oleh 8 orang peserta didik, dan (3) uji coba lapangan dilakukan dilakukan oleh 20 orang peserta didik. Data hasil uji coba perorangan dan kelompok kecil dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif, dan digunakan untuk merevisi produk. Uji coba lapangan dilakukan untuk memperoleh masukan terhadap produk, jika akan digunakan dalam pembelajaran.
Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa berdasarkan aspek kebenaran materi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan maka produk dikategorikan sangat baik dengan skor rata-rata 4,49 (skor maksimum 5). Menurut ahli media berdasarkan aspek kelayakan isi, penyajian, dan kegrafikaan produk dikategorikan sangat baik dengan skor rata-rata 4,53 (skor maksimum 5). Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa aspek kegrafikaan dinilai baik dengan skor rata-rata 3,99 (skor maksimum 5) dan aspek kelayakan isi dikategorikan baik dengan skor rata-rata 3,90 (skor maksimum 5). Secara keseluruhan produk dinilai baik dengan skor rata-rata 3,95 (skor maksimum 5). Persentase peserta didik yang menjawab dengan kategori baik 90% dan yang menjawab sangat baik 10%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa produk PPBK-DOTK layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran dan sumber belajar dalam memecahkan masalah belajar di SMK.
Surip; Pengembangan Paket Pembelajaran Berbantuan Komputer untuk Mata Pelajaran Dasar-dasar Operasi Teknik Kimia. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, 2009
Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan suatu produk paket pembelajaran berbantuan komputer yang layak digunakan untuk pembelajaran dasar-dasar operasi teknik kimia bagi peserta didik SMKN 2 Depok Sleman program keahlian kimia industri. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan didukung dengan pendekatan kualitatif.
Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket dengan Skala Likert pada skala 1 sampai 5. Produk awal divalidasi menggunakan expert judgement terdiri dari ahli materi dan ahli media pendidikan. Produk yang telah direvisi kemudian diujicobakan dengan tahap-tahap: (1) uji coba perorangan dilakukan oleh 3 orang peserta didik, (2) uji coba kelompok kecil dilakukan oleh 8 orang peserta didik, dan (3) uji coba lapangan dilakukan dilakukan oleh 20 orang peserta didik. Data hasil uji coba perorangan dan kelompok kecil dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif, dan digunakan untuk merevisi produk. Uji coba lapangan dilakukan untuk memperoleh masukan terhadap produk, jika akan digunakan dalam pembelajaran.
Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa berdasarkan aspek kebenaran materi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan maka produk dikategorikan sangat baik dengan skor rata-rata 4,49 (skor maksimum 5). Menurut ahli media berdasarkan aspek kelayakan isi, penyajian, dan kegrafikaan produk dikategorikan sangat baik dengan skor rata-rata 4,53 (skor maksimum 5). Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa aspek kegrafikaan dinilai baik dengan skor rata-rata 3,99 (skor maksimum 5) dan aspek kelayakan isi dikategorikan baik dengan skor rata-rata 3,90 (skor maksimum 5). Secara keseluruhan produk dinilai baik dengan skor rata-rata 3,95 (skor maksimum 5). Persentase peserta didik yang menjawab dengan kategori baik 90% dan yang menjawab sangat baik 10%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa produk PPBK-DOTK layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran dan sumber belajar dalam memecahkan masalah belajar di SMK.
ABSTRACT
Surip; Developing a Computer-Aided Instruction Package for Basics of Chemical Engineering Operation Subject. Thesis. Yogyakarta: Graduate School, Yogyakarta State University, 2009.
This research is aimed to obtain a product of computer-aided instruction package that is appropriate for teaching The Basic Principles of Chemical Engineering Operation for grade XII students of State Vocational Schools 2 Depok Sleman industrial chemistry competency programs. The research uses the quantitative supported by the qualitative approach.
The methods of collecting data are questionaires using Likert Scale from 1 to 5, observation, and interviews. The descriptive quantitative and qualitative techniques are used to analyze the data. The first products is validated using expert judgement involving experts in subject matter and educational media The product that has been revised is then tried out in Vocational School 2 Depok applying three stages: (1) preliminary field testing by three students, (2) main field testing of eight students, and (3) operational field testing by a group of 20 students. The data from the preliminary field testing and main field testing is analyzed and used for revising the product. The operational field testing is conducted to obtain the feedback about the product, if it will be used in the real learning process.
The result from experts judgements shows that based on material feasibility, presentation, language, and graphics, the products can be categorized as very good with a mean score of 4.49 (maximum score 5). According to media expert, based on the appropriate content aspect, presentation, and graphics, the products can be categorized as very good with a mean score of 4.53 (maximum score 5). The result of operational field testing shows that the aspect of graphics is good with a mean score 3.99 (maximum score 5), while the quality of content is good with a mean score 3.90 (maximum score 5). Product is good for all aspects with a score of 3.95 (maximum score 5). Percentage of students that answer good is 90% and very good is 10%. This research concludes that the developed product on computer-aided package of Basics of Chemical Engineering Operation teaching is appropriate as an alternative of instructional media and learning resource on Basics of Chemical Engineering Operation for grade XII students of Vocational Schools.
Surip; Developing a Computer-Aided Instruction Package for Basics of Chemical Engineering Operation Subject. Thesis. Yogyakarta: Graduate School, Yogyakarta State University, 2009.
This research is aimed to obtain a product of computer-aided instruction package that is appropriate for teaching The Basic Principles of Chemical Engineering Operation for grade XII students of State Vocational Schools 2 Depok Sleman industrial chemistry competency programs. The research uses the quantitative supported by the qualitative approach.
The methods of collecting data are questionaires using Likert Scale from 1 to 5, observation, and interviews. The descriptive quantitative and qualitative techniques are used to analyze the data. The first products is validated using expert judgement involving experts in subject matter and educational media The product that has been revised is then tried out in Vocational School 2 Depok applying three stages: (1) preliminary field testing by three students, (2) main field testing of eight students, and (3) operational field testing by a group of 20 students. The data from the preliminary field testing and main field testing is analyzed and used for revising the product. The operational field testing is conducted to obtain the feedback about the product, if it will be used in the real learning process.
The result from experts judgements shows that based on material feasibility, presentation, language, and graphics, the products can be categorized as very good with a mean score of 4.49 (maximum score 5). According to media expert, based on the appropriate content aspect, presentation, and graphics, the products can be categorized as very good with a mean score of 4.53 (maximum score 5). The result of operational field testing shows that the aspect of graphics is good with a mean score 3.99 (maximum score 5), while the quality of content is good with a mean score 3.90 (maximum score 5). Product is good for all aspects with a score of 3.95 (maximum score 5). Percentage of students that answer good is 90% and very good is 10%. This research concludes that the developed product on computer-aided package of Basics of Chemical Engineering Operation teaching is appropriate as an alternative of instructional media and learning resource on Basics of Chemical Engineering Operation for grade XII students of Vocational Schools.
LEMBAR PENGESAHAN
PENGEMBANGAN PAKET PEMBELAJARAN
BERBANTUAN KOMPUTER UNTUK MATA PELAJARAN
DASAR-DASAR OPERASI TEKNIK KIMIA
SURIP
06707254014
Dipertahankan di depan Panitia Penguji Tesis
Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta
Tanggal: 13 Januari 2009
TIM PENGUJI
Prof. Soenarto, Ph.D.
(Ketua/Penguji) ............................................. ..................................
Dr. Haryanto
(Sekretaris/Penguji) ............................................. ..................................
Prof. Dr. Sukardjo
(Pembimbing/Penguji) ............................................. ..................................
Prof. Dr. Herminarto Sofyan
(Penguji Utama) ............................................. ..................................
Yogyakarta, ……………….
Program Pascasarjana
Universitas Negeri Yogyakarta
Direktur,
Prof. Soenarto, Ph.D.
NIP 130515026
PENGEMBANGAN PAKET PEMBELAJARAN
BERBANTUAN KOMPUTER UNTUK MATA PELAJARAN
DASAR-DASAR OPERASI TEKNIK KIMIA
SURIP
06707254014
Dipertahankan di depan Panitia Penguji Tesis
Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta
Tanggal: 13 Januari 2009
TIM PENGUJI
Prof. Soenarto, Ph.D.
(Ketua/Penguji) ............................................. ..................................
Dr. Haryanto
(Sekretaris/Penguji) ............................................. ..................................
Prof. Dr. Sukardjo
(Pembimbing/Penguji) ............................................. ..................................
Prof. Dr. Herminarto Sofyan
(Penguji Utama) ............................................. ..................................
Yogyakarta, ……………….
Program Pascasarjana
Universitas Negeri Yogyakarta
Direktur,
Prof. Soenarto, Ph.D.
NIP 130515026
PERNYATAAN
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama mahasiswa : Surip
Nomor Mahasiswa : 06707254014
Program Studi : Teknologi Pembelajaran
Lembaga Asal : Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
Dengan ini menyatakan bahwa tesis ini merupakan hasil karya saya sendiri dan belum pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu Perguruan Tinggi, dan sepanjang pengetahuan saya dalam tesis ini tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan orang lain, kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah ini dan disebutkan dalam daftar pustaka.
Yogyakarta, Januari 2009
Yang menyatakan
Surip
NIM. 06707254014
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama mahasiswa : Surip
Nomor Mahasiswa : 06707254014
Program Studi : Teknologi Pembelajaran
Lembaga Asal : Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
Dengan ini menyatakan bahwa tesis ini merupakan hasil karya saya sendiri dan belum pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu Perguruan Tinggi, dan sepanjang pengetahuan saya dalam tesis ini tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan orang lain, kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah ini dan disebutkan dalam daftar pustaka.
Yogyakarta, Januari 2009
Yang menyatakan
Surip
NIM. 06707254014
MOTTO
Kesuksesan berawal dari mimpi
Yakinlah bahwa setiap kesulitan ada kemudahan
Kepada Tuhanlah kita berharap
PERSEMBAHAN
Karya tulis ini, saya persembahkan kepada:
Galih
Gilang
Sri Samiasih
Prof. Dr. Sukardjo
Rekan-rekan TP Sleman 2006
Segenap mahasiswa dan alumni TP UNY
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT, atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga tesis yang berjudul Pengembangan Paket Pembelajaran Berbantuan Komputer untuk Mata Pelajaran Dasar-dasar Operasi Teknik Kimia dapat diselesaikan.
Pada kesempatan ini penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada:
1. Rektor Universitas Negeri Yogyakarta dan Direktur Program Pascasarjana beserta Staf, yang telah memberi kesempatan
belajar di program studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
2. Prof. Dr. Sukardjo, sebagai Dosen Pembimbing sekaligus Ahli materi, yang telah memberikan bimbingan,
2. Prof. Dr. Sukardjo, sebagai Dosen Pembimbing sekaligus Ahli materi, yang telah memberikan bimbingan,
arahan,kemudahan, dan motivasi kepada penulis sehingga penulisan tesis ini dapat selesai.
3. Dr. H. Mukminan, selaku Kaprodi TP Pascasarjana UNY, atas seluruh bimbingan, saran, dorongan, dan masukan yang
3. Dr. H. Mukminan, selaku Kaprodi TP Pascasarjana UNY, atas seluruh bimbingan, saran, dorongan, dan masukan yang
diberikan dalam menyelesaikan studi.
4. Dr. Haryanto, ahli media, yang telah membantu mengevaluasi dan memberikan penilaian dan saran-saran yang
4. Dr. Haryanto, ahli media, yang telah membantu mengevaluasi dan memberikan penilaian dan saran-saran yang
berharga, sehingga produk penelitian ini layak untuk pembelajaran di SMK.
5. Bapak dan Ibu Dosen pengajar pada program Pascasarjana UNY, yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan.
6. Bapak Ibnu Subiyanto, Akt, M.M,, Bupati Sleman beserta staf, yang telah memberi kesempatan kepada penulis untuk
5. Bapak dan Ibu Dosen pengajar pada program Pascasarjana UNY, yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan.
6. Bapak Ibnu Subiyanto, Akt, M.M,, Bupati Sleman beserta staf, yang telah memberi kesempatan kepada penulis untuk
melanjutkan studi.
7. Bapak Drs. Sutarto, Kepala SMK N 2 Depok yang telah memberikan izin penelitian dan membantu pelaksanaan uji coba
7. Bapak Drs. Sutarto, Kepala SMK N 2 Depok yang telah memberikan izin penelitian dan membantu pelaksanaan uji coba
media pembelajaran
8. Istriku Sri Samiasih dan dua anakku Gilang dan Galih serta berbagai pihak telah memberikan bantuan dan dorongan
8. Istriku Sri Samiasih dan dua anakku Gilang dan Galih serta berbagai pihak telah memberikan bantuan dan dorongan
dalam menyelesaiakan tesis ini.
Penulis mengharapkan kritik dan saran untuk memperbaiki tulisan selanjutnya. Semoga tesis ini bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya.
Yogyakarta, Nopember 2008
Surip
Yogyakarta, Nopember 2008
Surip
DAFTAR ISI
hal
HALAMAN JUDUL …………………………………………….................................................................. i
ABSTRAK ................................................................................................................................................... ii
ABSTRACT ............................................................................................................................................... iii
HALAMAN PERSETUJUAN ……………………………………........................................................... iv
LEMBAR PERNYATAAN ......................................................................................................................... v
MOTTO ...................................................................................................................................................... vi
PERSEMBAHAN .................................................................................................................................... vii
KATA PENGANTAR ................................................................................................................................ vi
DAFTAR ISI ………………………………………………….................................................................. vii
hal
HALAMAN JUDUL …………………………………………….................................................................. i
ABSTRAK ................................................................................................................................................... ii
ABSTRACT ............................................................................................................................................... iii
HALAMAN PERSETUJUAN ……………………………………........................................................... iv
LEMBAR PERNYATAAN ......................................................................................................................... v
MOTTO ...................................................................................................................................................... vi
PERSEMBAHAN .................................................................................................................................... vii
KATA PENGANTAR ................................................................................................................................ vi
DAFTAR ISI ………………………………………………….................................................................. vii
DAFTAR GAMBAR ................................................................................................................................ viii
DAFTAR TABEL ...................................................................................................................................... ix
DAFTAR LAMPIRAN ................................................................................................................................ x
BAB I PENDAHULUAN............................................................................................................................. 1
A. Latar Belakang Masalah ...................................................................................................................... 1
B. Identifikasi Masalah ............................................................................................................................ 10
C. Pembatasan Masalah ........................................................................................................................ 10
D. Rumusan Masalah .............................................................................................................................. 11
E. Tujuan Penelitian ................................................................................................................................. 11
F. Spesifikasi Produk yang Dikembangkan ......................................................................................... 11
G. Manfaat Penelitian .............................................................................................................................. 13
H. Asumsi dan Keterbatasan Pengembangan ..................................................................................... 14
I. Definisi Istilah ........................................................................................................................................ 15
BAB II LANDASAN TEORI ..................................................................................................................... 17
A. Kajian Teori ......................................................................................................................................... 17
1. Tinjauan Teknologi Pembelajaran ..................................................................................................... 17
2. Fungsi Media dalam Pembelajaran DOTK ...................................................................................... 25
3. Computer Assisted Instruction (CAI) ................................................................................................. 35
4. Karakteristik Produk Perangkat Lunak PPBK-DOTK .....................................................................41
5. Mata Pelajaran Dasar-dasar Operasi Teknik Kimia .......................................................................46
6. Teori Belajar DOTK ............................................................................................................................ 51
7. Paket Pembelajaran Berbantuan Komputer DOTK .........................................................................54
8. Sistem Pembelajaran dengan Paket Belajar .................................................................................. 68
9. Karakteristik Peserta Didik SMK...................................................................................................... 70
B. Kajian Penelitian yang Relevan ........................................................................................................ 72
C. Kerangka Pikir ................................................................................................................................... 74
D. Pertanyaan Penelitian ....................................................................................................................... 76
BAB III METODE PENELITIAN ............................................................................................................. 78
A. Model Pengembangan ...................................................................................................................... 78
B. Prosedur Pengembangan ................................................................................................................. 78
C. Uji Coba Produk ................................................................................................................................. 79
1. Desain Uji Coba .................................................................................................................................. 81
2. Subjek Coba ........................................................................................................................................ 81
3. Jenis Data ............................................................................................................................................ 82
4. Pengumpulan Data ................ ……………………............................................................................. 83
5. Teknik Analisis Data ………………………………........................................................................... 90
BAB IV HASIL PENELITIAN ................................................................................................................... 93
A. Data Uji Coba ...................................................................................................................................... 93
B. Analisis Data ..................................................................................................................................... 112
C. Revisi Produk .................................................................................................................................... 130
D. Kajian Produk Akhir ………………………………….................................................................… 138
BAB V SIMPULAN DAN SARAN ....................................................................................................... 146
A. Simpulan tentang Produk ................................................................................................................ 146
B. Keterbatasan Penelitian .................................................................................................................. 148
C. Saran Pemanfaatan, Diseminasi, dan
Pengembangan Produk LebihLanjut................................................................................................... 149
DAFTAR PUSTAKA ………………………………………….................................................……… 152
DAFTAR GAMBAR
Gambar 1. Kawasan Teknologi Pembelajaran............................. ........... 19
Gambar 2. Sistem Pembelajaran DOTK ................................................. 25
Gambar 3. Pendekatan sistem pada pembelajaran .................................. 54
Gambar 4. Model Pengembangan Desain Instruksional Dick & Carey... 55
Gambar 5. Prosedur Pengembangan PPBK-DOTK ............................... 79 .
Gambar 6. Tahap-tahap Uji Coba Produk Pengembangan PPBK-DOTK 99
Gambar 7. Diagram batang skor total hasil validasi ahli materi terhadap
kelayakan materi pembelajaran, sistem penyampaian
pembelajaran, dan strategi pembelajaran ............................. 115
Gambar 8. Diagram batang hasil validasi ahli materi terhadap aspek
kebenaran materi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan .. 116
Gambar 9. Diagram batang skor rata-rata hasil validasi ahli media
pada aspek-aspek penilaian ................................................... 118
Gambar 10. Diagram batang skor rata-rata hasil validasi ahli media pada
aspek-aspek kelayakan isi, penyajian, dan kegrafikaan ........ 119
Gambar 11. Diagram batang aspek kegrafikaan dan kelayakan isi
setiap materi pokok PPBK-DOTK........................................ 129
Gambar 12. Diagram batang skor rata-rata hasil uji coba lapangan
terhadap aspek kegrafikaan dan kelayakan isi PPBK-DOTK 131
Gambar 13. Diagram batang persentase kelayakan PPBK-DOTK
hasil uji coba lapangan berdasarkan rata-rata ...................... 131
DAFTAR TABEL
Tabel 1. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar DOTK ............ 48
Tabel 2. Rekapitulasi Jumlah Kisi-kisi Instrumen Penelitian.............. 87
Tabel 3 Kisi-kisi Instrumen Penelitian tentang Kelayakan
Materi Pembelajaran, Sistem Penyampaian Pembelajaran,
dan Strategi Pembelajaran ................................................... 88
Tabel 4 Kisi-kisi Instrumen Penelitian tentang Kelayakan Desain
Informasi, Desain Interaksi, dan Desain Presentasi ............ 89
Tabel 5. Kisi-kisi Instrumen Penelitian Kualitas Materi
Pembelajaran dan Kualitas Teknis/Tampilan........................ 90
Tabel 6. Kategori penilaian PPBK ..................................................... 92
Tabel 7. Skor Validasi Ahli Materi terhadap Kelayakan
Materi Pembelajaran (Skala 1-5) .......................................... 100
Tabel 8. Skor Validasi Ahli Materi terhadap Kelayakan
Sistem Penyampaian Pembelajaran (Skala 1-5) .................. 101
Tabel 9 Skor Validas Ahili Materi terhadap Kelayakan
Strategi Pembelajaran (Skala 1-5) ....................................... 101
Tabel 10 Skor Total Validasi Ahli Materi terhadap Kelayakan Materi
Pembelajaran, Sistem Penyampaian Pembelajaran,
dan Strategi Pembelajaran (Skala 1-5) ................................ 102
Tabel 11 Skor Total Validasi Ahli Materi terhadap Aspek
Kebenaran Materi, Penyajian, Kebahasaan,
dan Kegrafikaan (Skala 1-5) ................................................ 102
Tabel 12. Skor Validasi PPBK-DOTK oleh Ahli Media pada
Aspek Desain Presentasi (Skala 1-5) ................................... 104
Tabel 13 Skor Validasi PPBK-DOTK oleh Ahli Media pada Aspek
Desain Interaksi (Skala 1-5) ................................................ 105
Tabel 14 Skor Validasi PPBK-DOTK oleh Ahli Media pada Aspek
Desain Informasi (Skala 1-5) .............................................. 106
Tabel 15 Skor Validasi PPBK-DOTK oleh Ahli Media pada
Aspek Desain Pembelajaran (Skala 1-5) ............................. 106
Tabel 16 Skor Validasi Ahli Media terhadap Desain
Program PPBK-DOTK (Skala 1-5) .................................... 107
Tabel 17 Skor Hasil Uji Coba Perorangan terhadap Aspek
Kegrafikaan atau Tampilan Media PPBK-DOTK
(Skala 1-5) .......................................................................... 108
Tabel 18 Skor Hasil Uji Coba Perorangan terhadap Aspek
Kelayakan Isi PPBK-DOTK (Skala 1-5) ........................... 109
Tabel 19 Skor Hasil Uji Coba Kelompok Kecil terhadap Aspek
Kegrafikaan atau Tampilan Media
PPBK-DOTK (Skala 1-5) .................................................. 110
Tabel 20 Skor Hasil Uji Coba Kelompok Kecil terhadap Aspek
Kelayakan Isi PPBK-DOTK (Skala 1-5) ........................... 111
Tabel 21 Skor Hasil Uji Coba Lapangan terhadap Aspek
Kegrafikaan atau Tampilan Media PPBK-DOTK
(Skala 1-5) .......................................................................... 112
Tabel 22 Skor Hasil Uji Coba Lapangan terhadap Aspek
Kelayakan Isi PPBK-DOTK (Skala 1-5) ........................... 113
Tabel 23 Kategori Penilaian Berdasarkan Interval Skor Rata-rata ... 114
Tabel 24 Skor Rata-rata Hasil Validasi Ahli Media pada
Aspek-aspek Penilaian ....................................................... 117
Tabel 25 Skor rata-rata hasil validasi ahli media pada aspek-aspek
kelayakan isi, penyajian, dan kegrafikaan ......................... 119
Tabel 26 Skor Total Hasil Evaluasi Peserta Didik terhadap Aspek
Kegrafikaan atau Tampilan Media PPBK-OTK ............... 121
Tabel 27 Skor Total Hasil Evaluasi Peserta Didik terhadap Aspek
Kelayakan Isi PPBK-DOTK (Skala 1-5) ......................... 122
Tabel 28 Skor Total Hasil Evaluasi Peserta Didik terhadap Aspek
Kegrafikaan atau Tampilan Media
PPBK-OTK (Skala 1-5) .................................................... 123
Tabel 29 Skor Total Hasil Uji Coba Kelompok Kecil terhadap
Aspek Kelayakan Isi PPBK-DOTK (Skala 1-5) ............... 124
Tabel 30 Skor Total Hasil Evaluasi Peserta Didik terhadap Aspek
Kegrafikaan atau Tampilan PPBK-OTK (Skala 1-5) ....... 127
Tabel 31 Skor Total Hasil Evaluasi Peserta Didik terhadap Aspek
Kelayakan Isi PPBK-DOTK (Skala 1-5) .......................... 128
Tabel 32 Skor Rata-rata Aspek Kegrafikaan dan Aspek
Kelayakan Isi Berdasarkan Materi Pokok PPBK-DOTK
pada Uji Coba Lapangan .................................................. 129
Tabel 33 Skor Rata-rata Aspek Kegrafikaan dan Aspek
Kelayakan Isi Secara Menyeluruh pada Uji Coba
Lapangan di SMKN 2 Depok Sleman ............................. 130
Tabel 34 Revisi Produk berdasarkan Aspek Kelayakan Isi ............ 134
Tabel 35 Revisi Produk berdasarkan Aspek Pembelajaran ............ 135
Tabel 36 Komentar/Saran dan Hasil Revisi
pada Uji Coba Perorangan ............................................... 137
Tabel 37 Komentar/Saran dan Hasil Revisi pada
Uji Coba Kelompok Kecil …………………………….. 138
Tabel 38 Komentar/Saran dan Hasil Revisi pada
Uji Coba Lapangan ……………………………………. 139
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1 Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar PPBK-DOTK.. 156
Lampiran 2 Analisis Pembelajaran Dasar-dasar Operasi Teknik Kimia.. 157
Lampiran 3 Silabus Pembelajaran Dasar-dasar Operasi Teknik Kimia... 163
Lampiran 4 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran DOTK........................ 169
Lampiran 5 Flowchart View Pembelajaran DOTK................................ 205
Lampiran 6 Storyboard Pembelajaran DOTK........................................ 211
Lampiran 7 Petunjuk Penggunaan PPBK-DOTK................................... 251
Lampiran 8 Penilaian Validitas Instrumen Penelitian............................. 253
Lampiran 9 Izin Penelitian ...................................................................... 254
Lampiran 10 Lembar Observasi Aktivitas dan Respon Peserta Didik....... 255
Lampiran 11 Lembar Validasi oleh Ahli Materi........................................ 256
Lampiran 12 Lembar Validasi oleh Ahli Media........................................ 265
Lampiran 13 Lembar Angket untuk Peserta Didik.................................... 269
Lampiran 14 Pedoman Wawancara dengan Peserta Didik........................ 272
Lampiran 15 Data Hasil Uji Coba Perorangan.......................................... 273
Lampiran 16 Data Hasil Uji Coba Kelompok Kecil................................. 276
Lampiran 17 Data Hasil Uji Coba Lapangan............................................ 279
Lampiran 18 Daftar Hadir Peserta Didik Selama Uji Coba...................... 286
Lampiran 19 Hasil Cetakan PPBK-DOTK……………….………. 289
Lampiran 20 Curiculum Vitae Validator ................................................. 299
DAFTAR TABEL ...................................................................................................................................... ix
DAFTAR LAMPIRAN ................................................................................................................................ x
BAB I PENDAHULUAN............................................................................................................................. 1
A. Latar Belakang Masalah ...................................................................................................................... 1
B. Identifikasi Masalah ............................................................................................................................ 10
C. Pembatasan Masalah ........................................................................................................................ 10
D. Rumusan Masalah .............................................................................................................................. 11
E. Tujuan Penelitian ................................................................................................................................. 11
F. Spesifikasi Produk yang Dikembangkan ......................................................................................... 11
G. Manfaat Penelitian .............................................................................................................................. 13
H. Asumsi dan Keterbatasan Pengembangan ..................................................................................... 14
I. Definisi Istilah ........................................................................................................................................ 15
BAB II LANDASAN TEORI ..................................................................................................................... 17
A. Kajian Teori ......................................................................................................................................... 17
1. Tinjauan Teknologi Pembelajaran ..................................................................................................... 17
2. Fungsi Media dalam Pembelajaran DOTK ...................................................................................... 25
3. Computer Assisted Instruction (CAI) ................................................................................................. 35
4. Karakteristik Produk Perangkat Lunak PPBK-DOTK .....................................................................41
5. Mata Pelajaran Dasar-dasar Operasi Teknik Kimia .......................................................................46
6. Teori Belajar DOTK ............................................................................................................................ 51
7. Paket Pembelajaran Berbantuan Komputer DOTK .........................................................................54
8. Sistem Pembelajaran dengan Paket Belajar .................................................................................. 68
9. Karakteristik Peserta Didik SMK...................................................................................................... 70
B. Kajian Penelitian yang Relevan ........................................................................................................ 72
C. Kerangka Pikir ................................................................................................................................... 74
D. Pertanyaan Penelitian ....................................................................................................................... 76
BAB III METODE PENELITIAN ............................................................................................................. 78
A. Model Pengembangan ...................................................................................................................... 78
B. Prosedur Pengembangan ................................................................................................................. 78
C. Uji Coba Produk ................................................................................................................................. 79
1. Desain Uji Coba .................................................................................................................................. 81
2. Subjek Coba ........................................................................................................................................ 81
3. Jenis Data ............................................................................................................................................ 82
4. Pengumpulan Data ................ ……………………............................................................................. 83
5. Teknik Analisis Data ………………………………........................................................................... 90
BAB IV HASIL PENELITIAN ................................................................................................................... 93
A. Data Uji Coba ...................................................................................................................................... 93
B. Analisis Data ..................................................................................................................................... 112
C. Revisi Produk .................................................................................................................................... 130
D. Kajian Produk Akhir ………………………………….................................................................… 138
BAB V SIMPULAN DAN SARAN ....................................................................................................... 146
A. Simpulan tentang Produk ................................................................................................................ 146
B. Keterbatasan Penelitian .................................................................................................................. 148
C. Saran Pemanfaatan, Diseminasi, dan
Pengembangan Produk LebihLanjut................................................................................................... 149
DAFTAR PUSTAKA ………………………………………….................................................……… 152
DAFTAR GAMBAR
Gambar 1. Kawasan Teknologi Pembelajaran............................. ........... 19
Gambar 2. Sistem Pembelajaran DOTK ................................................. 25
Gambar 3. Pendekatan sistem pada pembelajaran .................................. 54
Gambar 4. Model Pengembangan Desain Instruksional Dick & Carey... 55
Gambar 5. Prosedur Pengembangan PPBK-DOTK ............................... 79 .
Gambar 6. Tahap-tahap Uji Coba Produk Pengembangan PPBK-DOTK 99
Gambar 7. Diagram batang skor total hasil validasi ahli materi terhadap
kelayakan materi pembelajaran, sistem penyampaian
pembelajaran, dan strategi pembelajaran ............................. 115
Gambar 8. Diagram batang hasil validasi ahli materi terhadap aspek
kebenaran materi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan .. 116
Gambar 9. Diagram batang skor rata-rata hasil validasi ahli media
pada aspek-aspek penilaian ................................................... 118
Gambar 10. Diagram batang skor rata-rata hasil validasi ahli media pada
aspek-aspek kelayakan isi, penyajian, dan kegrafikaan ........ 119
Gambar 11. Diagram batang aspek kegrafikaan dan kelayakan isi
setiap materi pokok PPBK-DOTK........................................ 129
Gambar 12. Diagram batang skor rata-rata hasil uji coba lapangan
terhadap aspek kegrafikaan dan kelayakan isi PPBK-DOTK 131
Gambar 13. Diagram batang persentase kelayakan PPBK-DOTK
hasil uji coba lapangan berdasarkan rata-rata ...................... 131
DAFTAR TABEL
Tabel 1. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar DOTK ............ 48
Tabel 2. Rekapitulasi Jumlah Kisi-kisi Instrumen Penelitian.............. 87
Tabel 3 Kisi-kisi Instrumen Penelitian tentang Kelayakan
Materi Pembelajaran, Sistem Penyampaian Pembelajaran,
dan Strategi Pembelajaran ................................................... 88
Tabel 4 Kisi-kisi Instrumen Penelitian tentang Kelayakan Desain
Informasi, Desain Interaksi, dan Desain Presentasi ............ 89
Tabel 5. Kisi-kisi Instrumen Penelitian Kualitas Materi
Pembelajaran dan Kualitas Teknis/Tampilan........................ 90
Tabel 6. Kategori penilaian PPBK ..................................................... 92
Tabel 7. Skor Validasi Ahli Materi terhadap Kelayakan
Materi Pembelajaran (Skala 1-5) .......................................... 100
Tabel 8. Skor Validasi Ahli Materi terhadap Kelayakan
Sistem Penyampaian Pembelajaran (Skala 1-5) .................. 101
Tabel 9 Skor Validas Ahili Materi terhadap Kelayakan
Strategi Pembelajaran (Skala 1-5) ....................................... 101
Tabel 10 Skor Total Validasi Ahli Materi terhadap Kelayakan Materi
Pembelajaran, Sistem Penyampaian Pembelajaran,
dan Strategi Pembelajaran (Skala 1-5) ................................ 102
Tabel 11 Skor Total Validasi Ahli Materi terhadap Aspek
Kebenaran Materi, Penyajian, Kebahasaan,
dan Kegrafikaan (Skala 1-5) ................................................ 102
Tabel 12. Skor Validasi PPBK-DOTK oleh Ahli Media pada
Aspek Desain Presentasi (Skala 1-5) ................................... 104
Tabel 13 Skor Validasi PPBK-DOTK oleh Ahli Media pada Aspek
Desain Interaksi (Skala 1-5) ................................................ 105
Tabel 14 Skor Validasi PPBK-DOTK oleh Ahli Media pada Aspek
Desain Informasi (Skala 1-5) .............................................. 106
Tabel 15 Skor Validasi PPBK-DOTK oleh Ahli Media pada
Aspek Desain Pembelajaran (Skala 1-5) ............................. 106
Tabel 16 Skor Validasi Ahli Media terhadap Desain
Program PPBK-DOTK (Skala 1-5) .................................... 107
Tabel 17 Skor Hasil Uji Coba Perorangan terhadap Aspek
Kegrafikaan atau Tampilan Media PPBK-DOTK
(Skala 1-5) .......................................................................... 108
Tabel 18 Skor Hasil Uji Coba Perorangan terhadap Aspek
Kelayakan Isi PPBK-DOTK (Skala 1-5) ........................... 109
Tabel 19 Skor Hasil Uji Coba Kelompok Kecil terhadap Aspek
Kegrafikaan atau Tampilan Media
PPBK-DOTK (Skala 1-5) .................................................. 110
Tabel 20 Skor Hasil Uji Coba Kelompok Kecil terhadap Aspek
Kelayakan Isi PPBK-DOTK (Skala 1-5) ........................... 111
Tabel 21 Skor Hasil Uji Coba Lapangan terhadap Aspek
Kegrafikaan atau Tampilan Media PPBK-DOTK
(Skala 1-5) .......................................................................... 112
Tabel 22 Skor Hasil Uji Coba Lapangan terhadap Aspek
Kelayakan Isi PPBK-DOTK (Skala 1-5) ........................... 113
Tabel 23 Kategori Penilaian Berdasarkan Interval Skor Rata-rata ... 114
Tabel 24 Skor Rata-rata Hasil Validasi Ahli Media pada
Aspek-aspek Penilaian ....................................................... 117
Tabel 25 Skor rata-rata hasil validasi ahli media pada aspek-aspek
kelayakan isi, penyajian, dan kegrafikaan ......................... 119
Tabel 26 Skor Total Hasil Evaluasi Peserta Didik terhadap Aspek
Kegrafikaan atau Tampilan Media PPBK-OTK ............... 121
Tabel 27 Skor Total Hasil Evaluasi Peserta Didik terhadap Aspek
Kelayakan Isi PPBK-DOTK (Skala 1-5) ......................... 122
Tabel 28 Skor Total Hasil Evaluasi Peserta Didik terhadap Aspek
Kegrafikaan atau Tampilan Media
PPBK-OTK (Skala 1-5) .................................................... 123
Tabel 29 Skor Total Hasil Uji Coba Kelompok Kecil terhadap
Aspek Kelayakan Isi PPBK-DOTK (Skala 1-5) ............... 124
Tabel 30 Skor Total Hasil Evaluasi Peserta Didik terhadap Aspek
Kegrafikaan atau Tampilan PPBK-OTK (Skala 1-5) ....... 127
Tabel 31 Skor Total Hasil Evaluasi Peserta Didik terhadap Aspek
Kelayakan Isi PPBK-DOTK (Skala 1-5) .......................... 128
Tabel 32 Skor Rata-rata Aspek Kegrafikaan dan Aspek
Kelayakan Isi Berdasarkan Materi Pokok PPBK-DOTK
pada Uji Coba Lapangan .................................................. 129
Tabel 33 Skor Rata-rata Aspek Kegrafikaan dan Aspek
Kelayakan Isi Secara Menyeluruh pada Uji Coba
Lapangan di SMKN 2 Depok Sleman ............................. 130
Tabel 34 Revisi Produk berdasarkan Aspek Kelayakan Isi ............ 134
Tabel 35 Revisi Produk berdasarkan Aspek Pembelajaran ............ 135
Tabel 36 Komentar/Saran dan Hasil Revisi
pada Uji Coba Perorangan ............................................... 137
Tabel 37 Komentar/Saran dan Hasil Revisi pada
Uji Coba Kelompok Kecil …………………………….. 138
Tabel 38 Komentar/Saran dan Hasil Revisi pada
Uji Coba Lapangan ……………………………………. 139
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1 Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar PPBK-DOTK.. 156
Lampiran 2 Analisis Pembelajaran Dasar-dasar Operasi Teknik Kimia.. 157
Lampiran 3 Silabus Pembelajaran Dasar-dasar Operasi Teknik Kimia... 163
Lampiran 4 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran DOTK........................ 169
Lampiran 5 Flowchart View Pembelajaran DOTK................................ 205
Lampiran 6 Storyboard Pembelajaran DOTK........................................ 211
Lampiran 7 Petunjuk Penggunaan PPBK-DOTK................................... 251
Lampiran 8 Penilaian Validitas Instrumen Penelitian............................. 253
Lampiran 9 Izin Penelitian ...................................................................... 254
Lampiran 10 Lembar Observasi Aktivitas dan Respon Peserta Didik....... 255
Lampiran 11 Lembar Validasi oleh Ahli Materi........................................ 256
Lampiran 12 Lembar Validasi oleh Ahli Media........................................ 265
Lampiran 13 Lembar Angket untuk Peserta Didik.................................... 269
Lampiran 14 Pedoman Wawancara dengan Peserta Didik........................ 272
Lampiran 15 Data Hasil Uji Coba Perorangan.......................................... 273
Lampiran 16 Data Hasil Uji Coba Kelompok Kecil................................. 276
Lampiran 17 Data Hasil Uji Coba Lapangan............................................ 279
Lampiran 18 Daftar Hadir Peserta Didik Selama Uji Coba...................... 286
Lampiran 19 Hasil Cetakan PPBK-DOTK……………….………. 289
Lampiran 20 Curiculum Vitae Validator ................................................. 299
Pak Surip, bisa ndak dikirim ke emailku contoh lembar validasi ahli media dan ahli materi. aku sedang mengerjakan tugas pengembangan media, tapi kampus kami masih baru, jadi belum ada petunjuk tentang contoh validasi ahli materi dan ahli medianya. Thanks ya Pak Surip
BalasHapus