Kamis, 17 Desember 2009

BAB IV
HASIL PENELITIAN

A. Data Uji Coba
1. Data Pengembangan Produk
a. Pelaksanaan identifikasi
Pengembangan produk PPBK-DOTK telah dilakukan sesuai dengan prosedur pengembangan yang tertulis pada Bab III, yaitu: tahap identifikasi, tahap desain dan pengembangan, tahap produksi, dan tahap evaluasi. Materi yang dikembangkan menjadi software pembelajaran berdasarkan identifikasi dan analisis kebutuhan yaitu mata pelajaran dasar-dasar operasi teknik kimia dengan materi pokok evaporasi, distilasi, dan ekstraksi.
b. Pelaksanaan pengembangan produk
Ketiga materi pokok telah dikembangkan menjadi tiga sub paket belajar mandiri sesuai dengan standar kompetensinya. Pelaksanaan pengembangan dimulai dengan menentukan standar kompetensi, kemudian menyusun kompetensi dasar untuk masing-masing standar kompetensi. Standar kompetensi dan kompetensi dasar dapat dilihat pada lampiran 1.
Berdasarkan kompetensi dasar yang telah disusun, langkah selanjutnya adalah mengembangkan dan memilih materi pembelajaran. Telah dilakukan penyusunan dan pemilihan materi pembelajaran dari beberapa sumber referensi dan browsing internet terhadap gambar dan video yang sesuai. Ketiga materi pokok telah dapat disusun materi pembelajarannya, yang akan dituangkan dalam bentuk CD. Materi pembelajarannya dapat dilihat pada lampiran 8.
Strategi dan pengalaman belajar telah dikembangkan sesuai dengan urutan dari yang mudah ke sulit, dan secara hirarkikal dalam bentuk keterkaitan antara satu uraian ke uraian lainnya. Strategi pembelajaran dalam bentuk pembelajaran terprogram atau pembelajaran mandiri dalam bentuk paket pembelajaran berbantuan komputer. Strategi pembelajaran terdiri dari lima langkah, yaitu: (1) aktivitas sebelum pembelajaran berupa petunjuk belajar, apersepsi, pengetahuan prasyarat, dan tujuan pembelajaran, (2) presentasi informasi, berupa pemberian materi pembelajaran berupa teks, gambar statis, video, dan animasi, (3) partisipasi peserta didik, berupa aktivitas menekan tombol-tombol mengikuti petunjuk yang ada baik pembelajaran, latihan, maupun penilaian, (4) pengujian, berupa paket soal latihan dan soal penilaian yang dapat dikerjakan secara interaktif, dan (5) aktivitas lanjutan berupa pembahasan atau umpan balik. Hasil pengembangannya dapat dilihat pada lampiran 2, lampiran 3, dan lampiran 4.
Langkah berikutnya telah disusun indikator yang digunakan untuk menyusun kisi-kisi soal. Indikator tercantum dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) lampiran 4. Butir-butir soal latihan dan tes serta jawabannya telah dikembangkan dan dicantumkan dalam RPP. Pada akhirnya tahapan pengembangan diakhiri dengan penyusunan diagram alir (flow chart) dan papan cerita (storyboard), keduanya dapat dilihat pada lampiran 5 dan lampiran 6. Tahap pengembangan selesai dan dilanjutkan tahap produksi software PPBK-DOTK dengan dilengkapi petunjuk belajar.
c. Pelaksanaan produksi software
Tahap ketiga telah dilakukan yaitu memproduksi software PPBK-DOTK. Paket pembelajaran yang telah selesai disusun pada pengembangan kemudian dituangkan dalam bentuk CD pembelajaran sesuai dengan flow chart dan storyboard. Adapun prosedur penyajian CD pembelajaran sebagai berikut:
1) CD dimasukkan dalam CD ROM komputer, ditunggu hingga muncul tampilan yang berisi tombol-tombol yang bisa ditekan untuk menjalankannya. Petunjuk lengkapnya juga terdapat pada sampul CD.
2) menyajikan materi pokok, standar kompetensi, kompetensi dasar, uraian materi, dan tujuan pembelajaran, pengetahuan prasyarat, dan apersepsi.
3) Menu utama terdiri dari tombol navigasi, animasi, teks, penjelasan, dan gambar. Masing-masing materi dipaparkan secara runtut dengan aplikasi visualisasi.
4) Rangkuman sebagai ringkasan materi yang telah disajikan.
5) Latihan soal pilihan ganda disertai umpan balik, dan pada akhir pekerjaan diberi respon skor pencapaian.
6) Penilaian disajikan sebagai sarana uji kemampuan dengan model soal pilihan ganda. Umpan balik hanya berupa respon hasil uji kemampuan yang dicapai.
7) Tombol petunjuk, berfungsi untuk menjelaskan sistematika penggunaan program.
8) Tombol keluar berfungsi untuk mengakhiri program.
9) Tombol navigasi diberikan keleluasaan untuk mengendalikan jalannya program sesuai dengan kebutuhan.
10) Bahan penarik perhatian yang komposisi masing-masing halaman terdiri dari teks citra (image), animasi, background, warna, musik untuk menarik dan memotivasi peserta didik seperti media gambar, media movie, dan media interaktif.
Hasil cetakan (print out) CD pembelajaran berupa PPBK-DOTK dapat dilihat pada lampiran 19. Petunjuk penggunaan CD ini sudah dikemas di dalam CD, dapat pula dilihat pada lampiran 7.
d. Penggunaan Software
Software yang digunakan adalah software aplikasi Macromedia Flash 8 Professional dan beberapa perangkat pendukung lainnya, meliputi:
1) Adobe Photoshop 7.0 untuk menyusun gambar yang disesuaikan dengan teks.
2) PowerPoint untuk mempermudah format dan animasinya ke program utama flash.
3) Gol Edit Pro 2.0 untuk merekam suara dan menghasilkan suara yang baik.
4) Ulead 3D studio yang digunakan untuk menampilkan gambar, animasi, atau video.
5) Program Flax untuk mendapatkan format tulisan setiap menu dengan animasinya.
6) SWISH Max untuk menghasilkan beberapa animasi teks
7) A Head Nero untuk mengkopi software PPBK-DOTK ke CD (compact disc) atau disebut juga burning process.
8) Scanner/Photo Studio untuk mendapatkan gambar beberapa buku atau majalah.
e. Spesifikasi Komputer
Sistem yang dibutuhkan untuk menjalankan produk ini:
1) Perangkat keras (hardware) minimal memiliki spesifikasi:
a) Processor intel Pentium III 560 MHz atau di atasnya
b) Memori RAM 64 MB atau di atasnya
c) CD ROM Drive 48x speed
d) Resolusi monitor 800x600 pixels monitor VGA
2). Hardware pendukung :
a) mouse dan keyboard
b) Video Card, sound card, dan speaker aktif
c) Headset
d) LCD Projector, untuk pembelajaran secara klasikal
3) Sistem operasi yang diperlukan minimum Microsoft Word 98
f. Validasi Instrumen Pengumpulan Data
Instrumen pokok yang dipakai untuk mengumpulkan data dalam pengembangan ini adalah lembar angket, lembar wawancara, dan lembar observasi. Angket yang digunakan meliputi lembar angket untuk ahli media, lembar angket untuk ahli materi, dan lembar angket untuk peserta didik. Angket ini sudah memiliki validitas isi karena butir-butir pertanyaannya sudah mengacu kepada indikator pada kisi-kisi instrumen penelitian. Sedangkan validitas teman sejawat telah dilakukan oleh ahli kimia, yaitu Dr. Suyanta. Berdasarkan penilaian dari teman sejawat dinyatakan bahwa lembar angket yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian sudah valid dan dapat digunakan untuk mengambil data penelitian.
g. Data Hasil Validasi Ahli Materi dan Ahli Media
Tahap evaluasi produk meliputi validasi (expert judgement), uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Uji coba dilakukan untuk memperoleh data secara lengkap untuk dianalisis dan digunakan sebagai bahan revisi produk yang dihasilkan berupa pengembangan PPBK-DOTK. Aspek yang menjadi bahan untuk merevisi meliputi komponen kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan. Secara garis besar evaluasi terhadap PPBK-DOTK dapat dilihat pada Gambar 6 halaman 97.
PPBK-DOTK memiliki status valid setelah dilakukan validasi produk, yaitu serangkaian proses uji coba dan revisi. Evaluasi terhadap dilakukan 4 tahap yaitu: (1) validasi ahli materi dan ahli media, (2) uji coba perorangan, (3) uji coba kelompok kecil, dan (4) uji coba lapangan. Validasi terhadap produk dimaksudkan untuk mengetahui pendapat ahli materi dan ahli media tentang aspek kebenaran isi, aspek kelayakan penyajian, aspek kegrafikaan, dan aspek kebahasaan.
Validasi ahli materi terhadap pengembangan PPBK-DOTK dilakukan oleh dua orang ahli, yaitu Prof. Dr. Sukardjo sekaligus pembimbing tesis ini merupakan dosen kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta dan Ir. Endang Dwi Siswani, M.T. ketua program studi kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Validasi dilakukan untuk mendapatkan informasi yang akan digunakan untuk meningkatkan kelayakan PPBK-DOTK pada materi pokok evaporasi, distilasi, dan ekstraksi.

REVISI I
PRODUK AWAL
VALIDASI
AHLI MEDIA PEMBELAJARAN
ANALISIS I
VALIDASI
AHLI MATERI PEMBELAJARAN








UJI COBA LAPANGAN
REVISI III
ANALISIS III
UJI COBA KELOMPOK KECIL
REVISI II
ANALISIS II
UJI COBA PERORANGAN
PRODUK AKHIR
ANALISIS IV



























Gambar 6. Tahap-tahap Uji Coba Produk Pengembangan PPBK-DOTK

1) Data Hasil Validasi Ahli Materi
Hasil validasi ahli materi terhadap komponen-komponen PPBK-DOTK pada aspek kelayakan materi pembelajaran dapat dilihat pada Tabel 7 halaman 100. Berdasarkan Tabel 7 tampak bahwa ahli materi menilai software pada materi pokok evaporasi, distilasi, dan ekstraksi dengan skor rata-rata masing-masing 4,63, 4,50, dan 4,38 dengan rata-rata keseluruhan 4,50.
Hasil validasi ahli materi terhadap komponen-komponen PPBK-DOTK pada kelayakan sistem penyampaian pembelajaran dapat dilihat pada Tabel 8 halaman 101. Berdasarkan Tabel 8 tampak bahwa ahli materi menilai software pada materi pokok evaporasi, distilasi, dan ekstraksi masing-masing 4,75, 4,50, dan 4,25.
Tabel 7.
Skor Validasi Ahli Materi
terhadap Kelayakan Materi Pembelajaran
(Skala 1-5)
No.
Butir-butir validasi
Skor
Skor total
Rata-rata
Evaporasi
Distilasi
Ekstraksi
1.
Kebenaran dan ketepatan materi
4
5
5
14
4,67
2.
Ketepatan cakupan materi
5
4
4
13
4,33
3.
Kelayakan soal-soal uji formatif
5
5
5
15
5,00
4.
Ketercernaan materi dan pemaparan yang logis
5
4
4
13
4,33
5.
Penggunaan bahasa
4
4
4
12
4,00
6.
Kemudahan pemahaman bahasa
4
4
4
12
4,00
7.
Perwajahan
5
5
5
15
5,00
8.
Ilustrasi
5
5
4
14
4,67
Jumlah
37
36
35
108

Rata-rata
4,63
4,50
4,38

4,50

Tabel 8.
Skor Validasi Ahli Materi
terhadap Kelayakan Sistem Penyampaian Pembelajaran
(Skala 1-5)

No.
Butir-butir validasi
Skor
Skor total
Rata-rata
Evaporasi
Distilasi
Ekstraksi
1
Kebenaran konsep
5
5
5
15
5,00
2
Kedalaman materi pembelajaran
4
4
4
12
4,00
3
Kesesuaian dengan kurikulum
5
5
4
14
4,67
4
Ketepatan urutan materi pembelajaran
5
4
4
13
4,33
Jumlah
19
18
17
54

Rata-rata
4,75
4,5
4,25

4,50

Hasil validasi ahli materi terhadap komponen-komponen PPBK-DOTK pada kelayakan strategi pembelajaran dapat dilihat pada Tabel 9 halaman 101.
Tabel 9
Skor Validas Ahli Materi
terhadap Kelayakan Strategi Pembelajaran
(Skala 1-5)
No.
Butir-butir validasi
Skor
Skor total
Rata-rata
Evaporasi
Distilasi
Ekstraksi
1.
Kelayakan pendahuluan
5
5
5
15
5,00
2.
Kelayakan penyajian materi
4
4
5
13
4,33
3.
Keterlibatan dan peran peserta didik dalam aktivitas belajar
4
4
4
12
4,00
4.
Kelayakan umpan balik
4
4
4
12
4,00
5.
Waktu penyajian
5
5
5
15
5,00
Jumlah
22
22
23
67

Rata-rata
4,4
4,4
4,60

4,47
Hasil validasi ahli materi berupa skor total terhadap komponen-komponen PPBK-DOTK pada sub-aspek kelayakan materi pembelajaran, sistem penyampaian pembelajaran, dan strategi pembelajaran dapat dilihat pada Tabel 10 halaman 102.
Tabel 10
Skor Total Validasi Ahli Materi terhadap
Kelayakan Materi Pembelajaran, Sistem Penyampaian Pembelajaran,
dan Strategi Pembelajaran
(Skala 1-5)
No.
Sub-aspek
Skor Setiap Materi Pokok
Skor total
Rata-rata total
Evaporasi
Distilasi
Ekstraksi
1
Kelayakan materi pembelajaran
37
36
35
108
4,50
2
Kelayakan sistem penyampaian pembelajaran
19
18
17
54
4,50
3
Kelayakan strategi pembelajaran
22
22
23
67
4,47
Jumlah
78
76
75
229
13,47
Rata-rata
4,58
4,47
4,41

4,49

Tabel 11
Skor Total Validasi Ahli Materi terhadap
Aspek Kebenaran Materi, Penyajian, Kebahasaan, dan Kegrafikaan
(Skala 1-5)

No.

Aspek
Materi Pokok

Rata-rata total
Evaporasi
Distilasi
Ekstraksi
Skor total
Rata-rata
Skor total
Rata-rata
Skor total
Rata-rata
1
Kebenaran materi
28
4,67
27
4,50
26
4,33
4,50
2
Penyajian (Presentasi)
27
4,50
27
4,50
28
4,67
4,55
3
Kebahasaan
13
4,33
12
4,00
12
4,00
4,11
4
Kegrafikaan
10
5,00
10
5,00
9
4,50
4,83
Jumlah
78

76

75


Rata-rata

4,59

4,47

4,41
4,49
Hasil validasi ahli materi berupa skor total terhadap komponen-komponen PPBK-DOTK pada aspek kebenaran materi, aspek penyajian, aspek kebahasaan, dan aspek kegrafikaan dapat dilihat pada Tabel 11 halaman 102. Berdasarkan tabel tersebut tampak bahwa kebenaran materi memiliki skor rata-rata 4,50, aspek penyajian dengan skor rata-rata 4,55, kebahasaan dengan skor rata-rata 4,11, dan kegrafikaan dengan skor 4,83. Secara umum produk memiliki skor rata-rata 4,49.
2) Data Hasil Validasi Ahli Media
Validasi ahli media dilakukan oleh Dr. Haryanto, sekretaris program studi teknologi pembelajaran sekaligus staf P3AI Universitas Negeri Yogyakarta. Ahli media memberikan validasi produk pada aspek-aspek media di antaranya pada desain presentasi, desain interaksi. dan desain informasi, desain pembelajaran, dan aspek program. Hasil validasi pada aspek desain presentasi dapat dilihat pada Tabel 12 halaman 104. Berdasarkan Tabel 12 dari aspek desain presentasi yang meliputi komposisi warna, grafis, tombol navigasi, gambar, animasi, video, dan sound, software memperoleh skor rata-rata 4,44.
Hasil validasi ahli media berupa skor penilaian komponen PPBK-DOTK pada aspek desain interaksi dapat dilihat pada Tabel 13 halaman 105. Berdasarkan Tabel 13 terlihat bahwa, dari aspek desain interaksi produk dinilai dengan skor rata-rata 4,09.
Skor hasil validasi ahli media pada aspek desain informasi dapat dilihat pada Tabel 14 halaman 106. Berdasarkan Tabel 14 validasi ahli media dari aspek desain informasi untuk materi pokok evaporasi, distilasi, dan ekstraksi masing-masing dengan skor rata-rata 4,11, 4,11, dan 4,11.
Tabel 12
Skor Validasi PPBK-DOTK oleh Ahli Media pada Aspek Desain Presentasi (Skala 1-5)
No
Butir-butir validasi
Skor
Skor total
Rata-rata
Evaporasi
Distilasi
Evaporasi
1.
Komposisi warna
5
5
5
15
5,00
2.
Penggunaan grafis
4
4
4
12
4,00
3.
Pemilihan jenis dan ukuran font

5

5

5

15
5,00
4.
Penggunaan tombol navigasi

5

5

5

15
5,00
5.
Konsistensi button
5
5
5
15
5,00
6.
Kualitas gambar dan animasi

4

4

4

12
4,00
7.
Kualitas video
4
4
4
12
4,00
8.
Sound
4
4
4
12
4,00
9.
Penggunaan musik
4
4
4
12
4,00
Jumlah
40
40
40
120

Rata-rata
4,44
4,44
4,44
4,44
4,44

Validasi oleh ahli media terhadap aspek desain pembelajaran dapat dilihat pada Tabel 15 halaman 106. Berdasarkan tabel tersebut maka PPBK-DOTK dari aspek desain pembelajaran yang meliputi kejelasan sasaran, ketepatan pemilihan materi, kejelasan rumusan SK dan KD, kejelasan uraian materi, kesesuaian materi dengan indikator pembelajaran, kejelasan contoh yang diberikan, pemberian latihan, pemberian umpan balik, penggunaan logika, konsistensi isi dan standar kompetensi, dan konsistensi tes dengan indikator pembelajaran dinilai dengan skor rata-rata 4,64.
Validasi oleh ahli media terhadap aspek program dapat dilihat pada Tabel 16 halaman 107. Berdasarkan tabel tersebut maka PPBK-DOTK dari aspek program dinilai dengan skor rata-rata 4,00.
Tabel 13 Skor Validasi PPBK-DOTK oleh Ahli Media pada Aspek Desain Interaksi (Skala 1-5)

No
Butir-butir validasi
Materi Pokok
Skor total
Rata-rata
Evaporasi
Distilasi
Evaporasi
1.
Penggunaan petunjuk belajar
4
4
4
12
4,00
2.
Kualitas interaksi pembelajaran
4
4
4
12
4,00
3.
Keakraban dengan pengguna
5
5
5
15
5,00
4.
Pemberian motivasi
4
4
4
12
4,00
5.
Pemaksimalan proses pembelajaran
4
4
4
12
4,00
6.
Kemungkinan berpengaruh kuat kepada peserta didik
4
4
4
12
4,00
7.
Kemungkinan berpengaruh kuat kepada guru dan pengajarannya
4
4
4
12
4,00
8.
Relation to rest of educational program
4
4
4
12
4,00
9.
Penjelasan istilah
4
4
4
12
4,00
10
Umpan balik terhadap respon peserta didik
4
4
4
12
4,00
11
Penggunaan teks yang berbeda untuk menandai bagian yang penting
4
4
4
12
4,00
Jumlah
45
45
45
135

Rata-rata
4,09
4,09
4,09
4,09
4,09

Aspek desain informasi seperti Tabel 14 untuk materi pokok evaporasi, distilasi, dan ekstraksi meliputi pemberian motivasi, kejelasan uraian materi, kejelasan contoh, umpan balik, pembabakan/sekuensial, pemaksimalan proses pembelajaran, respon terhadap respon peserta didik, dan kecepatan.
Tabel 14 Skor Validasi PPBK-DOTK oleh Ahli Media
pada Aspek Desain Informasi (Skala 1-5)
No
Butir-butir validasi
Skor
Skor total
Evaporasi
Distilasi
Evaporasi
1.
Pemberian motivasi
4
4
4
12
2.
Kejelasan uraian materi
5
5
5
15
3.
Kejelasan contoh yang diberikan
4
4
4
12
4.
Umpan balik terhadap hasil tes peserta didik
4
4
4
12
5.
Pembabakan/sekuensial
4
4
4
12
6.
Pemaksimalan proses pembelajaran
4
4
4
12
7.
Antisipasi kemungkinan respon peserta didik
4
4
4
12
8.
Respon terhadap respon peserta didik
4
4
4
12
9.
Kecepatan
4
4
4
12

Rata-rata
4,11
4,11
4,11
4,11

Tabel 15 Skor Validasi PPBK-DOTK oleh Ahli Media
pada Aspek Desain Pembelajaran (Skala 1-5)
No
Indikator Penilaian
Skor
Skor total
Rata-rata
Evaporasi
Distilasi
Ekstraksi
1.
Kejelasan sasaran
5
5
5
15
5,00
2.
Ketepatan pemilihan topik
5
5
5
15
5,00
3.
Kejelasan rumusan SK dan KD
5
5
5
15
5,00
4.
Kejelasan uraian materi
5
5
5
15
5,00
5.
Kesesuaian materi dengan indikator pembelajaran
5
5
5
15
5,00
6.
Kejelasan contoh yang diberikan
4
4
4
12
4,00
7.
Pemberian latihan
4
4
4
12
4,00
8.
Pemberian umpan balik
4
4
4
12
4,00
9.
Penggunaan logika
4
4
4
12
4,00
10.
Konsistensi isi dan SK
5
5
5
15
5,00
11.
Konsistensi tes dengan indikator pembelajaran
5
5
5
15
5,00
Rata-rata
4,64
4,64
4,64
4,64
4,64

Tabel 16 Skor Validasi Ahli Media terhadap
Desain Program PPBK-DOTK
(Skala 1-5)
No
Indikator Penilaian
Skor
Skor total
Rata-rata
Evaporasi
Distilasi
Ekstraksi
1.
Kemudahan penggunaan
5
5
5
15
5,00
2.
Efisiensi penggunaan layer
4
4
4
12
4,00
3.
Screen design
4
4
4
12
4,00
4.
Efisiensi narasi
4
4
4
12
4,00
5.
Efisiensi teks
3
3
3
9
3,00
6.
Penggunaan bahasa
4
4
4
12
4,00
Jumlah
24
24
24
72

Rata-rata
4,00
4,00
4,00
4,00
4,00


2. Penyajian Data Uji Coba
a. Data Uji Coba Perorangan
Uji coba perorangan dilakukan di SMKN 2 Depok Sleman Yogyakarta. Uji coba perorangan masing-masing terhadap 3 peserta didik diambil secara acak. Tujuan dari uji coba perorangan ini adalah untuk mengidentifikasi kekurangan produk pembelajaran setelah dilakukan validasi oleh tenaga ahli. Penilaian dan masukan dari uji coba ini meliputi aspek tampilan dan aspek kelayakan isi.
Hasil uji coba berupa skor penilaian terhadap paket pembelajaran pada aspek kegrafikaan atau tampilan media untuk materi pokok evaporasi, distilasi, dan ekstraksi dapat dilihat pada Tabel 17 halaman 108. Aspek kegrafikaan meliputi keterbacaan teks, pemilihan jenis dan ukuran huruf, keindahan tampilan, kualitas gambar, komposisi warna, animasi, desain layar, penataan letak tombol. Bardasarkan aspek kegrafikaan ini software PPBK-DOTK diperoleh skor rata-rata sebesar 3,82
Tabel 17
Skor Hasil Uji Coba Perorangan terhadap Aspek Kegrafikaan
atau Tampilan Media PPBK-DOTK
(Skala 1-5)
No.
Aspek yang dinilai
Skor rata-rata
Rerata total
Evaporasi
Distilasi
Ekstraksi
1
Keterbacaan teks
4,00
4,00
4,33
4,11
Pemilihan jenis huruf
4,00
4,00
3,67
3,89
Pemilihan ukuran huruf
4,67
4,67
4,00
4,45
2
Keindahan tampilan layar
3,67
3,67
3,33
3,56
Kualitas gambar dan animasi
3,33
3,33
3,67
3,44
Screen design
3,00
3,00
3,67
3,22
3
Grafis
3,67
3,67
3,33
3,56
Animasi
4,33
4,33
4,00
4,22
Video
4,33
4,33
4,00
4,22
Komposisi warna
4,33
4,33
4,33
4,33
4
Musik pengiring
4,00
4,00
3,67
3,89
Daya dukung musik
4,00
4,00
3,67
3,89
5
Penggunaan bahasa
4,00
4,00
3,33
3,78
Narasi
3,67
3,67
3,67
3,67
6
Kemudahan memilih menu
3,00
3,00
3,33
3,11
Kemudahan mencari letak tombol
4,00
4,00
3,67
3,89
7
Kecukupan interaksi
4,00
4,00
3,33
3,78
Kelengkapan tombol-tombol menu
3,67
3,67
4,00
3,78
Jumlah
69,67
69,67
67,00
206,34
Rata-rata
3,87
3,87
3,72
3,82
Hasil uji coba berupa skor penilaian terhadap paket pernbelajaran pada aspek kelayakan isi untuk topik evaporasi, distilasi, dan ekstraksi dapat dilihat pada Tabel 18 halaman 109. Aspek kelayakan isi meliputi kesesuaian materi, kejelasan uraian materi, kejelasan contoh yang diberikan, kejelasan petunjuk belajar, kemudahan memahami kalimat pada teks, kemudahan memahami pembelajaran, ketepatan urutan penyajian, kecukupan latihan, kejelasan umpan balik, dan bantuan belajar dengan program. Berdasarkan tabel tersebut tampak bahwa berdasarkan aspek kelayakan isi, skor rata-rata keseluruhan 3,85.
Tabel 18
Skor Hasil Uji Coba Perorangan terhadap
Aspek Kelayakan Isi PPBK-DOTK
(Skala 1-5)
No.
Aspek yang dinilai
Rata-rata
Rata-rata total
Evaporasi
Distilasi
Ekstraksi
1.
Kesesuaian materi
4,00
4,00
4,00
4,00
2
Kejelasan uraian materi
4,00
3,33
4,33
3,89
3
Kejelasan contoh yang diberikan
3,33
4,33
4,00
3,89
4
Kejelasan petunjuk belajar
4,00
4,00
3,33
3,78
5
Kemudahan memahami kalimat pada teks
3,67
3,33
4,00
3,67
6
Kemudahan memahami pembelajaran
4,33
4,00
4,00
4,11
7
Ketepatan urutan penyajian
4,00
3,33
4,33
3,89
8
Kecukupan latihan
4,00
3,67
3,67
3,78
9.
Kejelasan umpan balik
3,33
3,33
3,33
3,33
10
Bantuan belajar dengan program
4,33
4,33
4,00
4,22
Jumlah
39,00
37,67
39,00
38,54
Rata-rata
3,90
3,77
3,90
3,85

b. Data Uji Coba Kelompok Kecil
Uji coba kelompok kecil juga dilakukan di SMKN 2 Depok. Uji coba kelompok kecil dilakukan terhadap 8 orang diambil secara acak, yaitu kelas XII Kimia Industri. Data hasil uji coba kelompok kecil ini dimaksudkan untuk mengetahui beberapa kelemahan atau hambatan yang dihadapi ketika produk PPBK-DOTK tersebut digunakan. Uji coba kelompok kecil ini digunakan sebagai pengalaman awal sebelum produk diujicobakan ke lapangan. Hasil uji coba kelompok kecil software PPBK-DOTK pada aspek tampilan dapat dilihat pada Tabel 19 halaman 110.
Tabel 19
Skor Hasil Uji Coba Kelompok Kecil terhadap Aspek Kegrafikaan
atau Tampilan Media PPBK-DOTK
(Skala 1-5)
No.
Aspek yang dinilai
Rata-rata
Rata-rata total
Evaporasi
Distilasi
Ekstraksi
1.
Keterbacaan teks
4,13
4,25
4,00
4,13
Pemilihan jenis huruf
3,88
3,88
4,13
3,96
Pemilihan ukuran huruf
4,25
4,50
4,25
4,33
2.
Keindahan tampilan layar
4,25
4,25
4,25
4,25
Kualitas gambar dan animasi
4,13
4,00
3,88
4,00
Screen design
4,38
3,88
3,88
4,05
3.
Grafis
3,50
4,13
4,13
3,92
Animasi
4,13
4,00
4,00
4,04
Video
4,00
3,88
3,50
3,79
Komposisi warna
3,88
3,88
3,75
3,84
4.
Musik pengiring
3,63
3,25
3,63
3,50
Daya dukung musik
4,00
3,25
3,50
3,58
5.
Penggunaan bahasa
4,13
4,00
4,13
4,09
Narasi
3,75
4,00
4,13
3,96
6.
Kemudahan memilih menu
4,00
4,38
4,38
4,25
Kemudahan mencari letak tombol
4,63
4,50
4,88
4,67
7.
Kecukupan interaksi
4,00
4,13
4,63
4,25
Kelengkapan tombol-tombol menu
4,00
4,13
4,25
4,13
Rata-rata keseluruhan
4,03
4,02
4,05
4,04

Berdasarkan tanggapan peserta didik pada uji coba kelompok kecil di SMKN 2 Depok yang tampak pada Tabel 19 diketahui bahwa software pembelajaran untuk materi pokok evaporasi, distilasi, dan ekstraksi masing-masing mempunyai skor rata-rata 4,03, 4,02, dan 4,05. Secara keseluruhan aspek tampilan dinilai dengan skor rata-rata 4,04.
Tabel 20
Skor Hasil Uji Coba Kelompok Kecil terhadap
Aspek Kelayakan Isi PPBK-DOTK
(Skala 1-5)
No.
Aspek yang dinilai
Rata-rata

Rata-rata total
Evaporasi
Distilasi
Ekstraksi
1.
Kesesuaian materi
4,13
4,00
4,00
4,04
Kejelasan uraian materi
3,75
4,00
4,38
4,04
Kejelasan contoh yang diberikan
3,75
4,00
4,25
4,00
2.
Kejelasan petunjuk belajar
3,88
4,25
4,38
4,17
3.
Kemudahan memahami kalimat pada teks
3,75
3,75
3,63
3,71
4.
Kemudahan memahami pembelajaran
3,88
3,88
4,25
4,00
5.
Ketepatan urutan penyajian
4,38
4,00
4,25
4,21
6.
Kecukupan latihan
3,75
3,88
3,75
3,79
7.
Kejelasan umpan balik
3,63
3,88
3,88
3,79
8.
Bantuan belajar dengan program
4,00
4,50
4,50
4,33
Rata-rata
3,96
4,01
4,13
4,01


Hasil uji coba kelompok kecil berupa skor penilaian terhadap paket pembelajaran pada aspek kelayakan isi untuk mat evaporasi, distilasi, dan ekstraksi dapat dilihat pada Tabel 20 halaman 111. Para peserta didik untuk ketiga materi pokok dengan skor rata-rata masing-masing 3,96, 4,01, dan 4,13. Secara keseluruhan aspek kelayakan isi dinilai dengan skor rata-rata 4,01.
c. Data Uji Coba Lapangan
Uji coba lapangan juga dilakukan di SMKN 2 Depok, terhadap peserta didik diambil secara acak, karena hanya ada satu kelas XII kimia industri. Jumlah subjek coba sebanyak 20 peserta didik. Hasil uji coba terhadap PPBK-DOTK pada aspek tampilan disajikan pada Tabel 21
Tabel 21
Skor Hasil Uji Coba Lapangan terhadap Aspek Kegrafikaan
atau Tampilan Media PPBK-DOTK
(Skala 1-5)
No
Aspek yang dinilai
Rata-rata

Rata-rata total
Evaporasi
Distilasi
Ekstraksi
1
Keterbacaan teks
4,50
4,35
4,10
4,32
Pemilihan jenis huruf
3,80
3,85
3,80
3,82
Pemilihan ukuran huruf
4,05
4,00
4,00
4,02
2
Keindahan tampilan layar
3,85
4,10
4, 05
4,00
Kelayakan gambar dan animasi
3,40
3,90
3,85
3,72
Screen design
3,75
3,85
3,85
3,82
3
Grafis
3,90
3,80
3,80
3,83
Animasi
4,10
3,80
3,80
3,90
Video
3,75
3,75
3,70
3,73
Komposisi warna
4,00
4,05
3,85
3,97
4
Musik pengiring
4,25
4,00
4,05
4,10
Daya dukung musik
4,25
4,10
4,10
4,15
5
Penggunaan bahasa
4,25
3,90
3,85
4,00
Narasi
4,15
3,90
3,80
3,95
6
Kemudahan memilih menu
4,45
4,10
4,15
4,23
Kemudahan mencari letak tombol
4,25
4,10
4,10
4,15
7
Kecukupan interaksi
4,10
3,80
3,95
3,95
Kelengkapan tombol-tombol menu
3,75
3,80
4,00
3,85
Rata-rata keseluruhan
4,07
3,95
3,93
3,97
Berdasarkan Tabel 21 tanggapan peserta didik pada uji coba lapangan, tampak bahwa kelayakan software pembelajaran untuk materi pokok evaporasi, distilasi, dan ekstraksi masing-masing dengan skor 4,07, 3,95, dan 3,93. Secara keseluruhan aspek tampilan dinilai dengan skor rata-rata 3,97
Hasil uji coba lapangan terhadap PPBK-DOTK pada aspek kelayakan isi untuk materi pokok evaporasi, distilasi, dan ekstraksi dapat dilihat pada Tabel 22. Skor rata-rata yang diperoleh untuk masing-masing materi pokok adalah 4,05, 3,82, dan 3,84. Skor secara keseluruhan aspek kelayakan isi 3,90.
Tabel 22
Skor Hasil Uji Coba Lapangan terhadap
Aspek Kelayakan Isi PPBK-DOTK
(Skala 1-5)
No
Aspek yang dinilai
Evap
Dist
Eks
Rata-rata
1
Kesesuaian materi
4,45
4,20
4,15
4,27
2
Kejelasan uraian materi
4,15
3,70
3,90
3,92
3
Kejelasan contoh yang diberikan
4,00
3,75
3,85
3,87
4
Kejelasan petunjuk belajar
4,30
3,95
4,00
4,08
5
Kemudahan memahami kalimat pada teks
3,85
3,50
3,45
3,60
6
Kemudahan memahami pembelajaran
3,75
3,60
3,60
3,65
7
Kecukupan latihan
3,75
3,75
4,15
3,88
8
Kejelasan umpan balik
3,95
3,50
3,65
3,70
9
Bantuan belajar dengan program
4,00
4,05
3,55
3,87
Rata-rata
4,02
3,78
3,81
3,87

B. Analisis Data
Data diambil dari lembar kuesioner untuk ahli materi, ahli media, dan peserta didik. Data yang diperoleh berupa validasi oleh ahli materi dan ahli media, dan tanggapan peserta didik terhadap PPBK-DOTK hasil pengembangan, seperti tersaji pada tabel-tabel diatas. Analisis data tersebut akan dipaparkan secara urut dari uji kelayakan terbatas oleh ahli materi dan ahli media, preliminary field testing, main field testing sampai operational field testing.
1. Analisis I
a. Analisis Data Hasil Validasi Ahli Materi
Untuk mengetahui kelayakan PPBK-DOTK, maka data yang tersaji dicari rata-rata empirisnya, baru kemudian dibandingkan dengan kategori data. Kategori dikelompokkan menjadi lima kelas, yaitu: (1) sangat baik, (2) baik, (3) sedang, (4) kurang baik, dan (5) sangat kurang.
Jika diketahui skor tertinggi adalah 5 dan skor terendah adalah 1, maka mean ideal (Mi) dan simpangan baku ideal (SBi) dapat ditentukan sebagai berikut:
Mi = = SBi =
Kategori suatu data dapat ditentukan sebagai berikut:
Mi + 1,8SBi = 3 + 1,8(0,67) = 3 + 1,206 = 4,206
Mi + 0,6SBi = 3 + 0,6 (0,67) = 3 + 0,402 = 3,402
Mi – 0,6SBi = 3 – 0,6(0,67) = 3 – 0,402 = 2,598
Mi – 1,8SBi = 3 – 1,8(0,67) = 3 – 1,206 = 1,794
Kategori penilaian berdasarkan skor rata-rata dapat dilihat pada Tabel 23.
Tabel 23
Kategori Penilaian Berdasarkan Interval Skor Rata-rata
No
Rumus Interval
Interval Nilai
Kategori
1
Mi + 1,8SBi <
4,206 <
Sangat baik
2
Mi + 0,6SBi < £ Mi + 1,8SBi
3,402 < £ 4,206
Baik
3
2,598 < £ 3,402
2,598 < £ 3,402
Sedang
4
1,794 < £ 2,598
1,794 < £ 2,598
Kurang baik
5
£ 1,794
£ 1,794
Sangat kurang baik

Ahli materi menilai PPBK-DOTK dari desain pembelajaran berdasarkan tiga aspek yaitu kelayakan materi pembelajaran, kelayakan strategi pembelajaran, dan sistem penyampaian pembelajaran menunjukkan skor rata-rata masing-masing 4,50; 4,47; dan 4,50, seperti pada Tabel 10, termasuk kategori “sangat baik”. Skor total rata-rata berdasarkan materi pokok evaporasi, distilasi, dan ekstraksi masing-masing 4,58, 4,47, dan 4,41 termasuk kategori “sangat baik”, berarti PPBK-DOTK dapat memenuhi tuntutan kebutuhan pembelajaran. Secara keseluruhan software dinilai dengan skor rata-rata 4,49, termasuk kategori “sangat baik”. Tabel 10 dapat dinyatakan dalam bentuk grafik berupa diagram batang pada Gambar 8.
Gambar 7. Diagram batang skor total hasil validasi ahli materi terhadap
kelayakan materi pembelajaran, sistem penyampaian
pembelajaran, dan strategi pembelajaran

Tabel 11 menunjukkan bahwa berdasarkan validasi ahli materi dari aspek kebenaran materi dinilai 4,50 (“sangat baik”), penyajian dinilai 4,55 (“sangat baik”), kebahasaan dinilai 4,11 (“baik”), dan kegrafikaan dinilai 4,83 (‘sangat baik”). Skor total rata-rata berdasarkan materi pokok evaporasi, distilasi, dan ekstraksi masing-masing 4,59, 4,47, dan 4,41 termasuk kategori “sangat baik”, berarti PPBK-DOTK dapat memenuhi tuntutan kebutuhan pembelajaran. Secara keseluruhan software dinilai dengan skor 4,49 dengan kategori “sangat baik”. Tabel 11 dapat dinyatakan dalam bentuk diagram batang pada Gambar 8.
Gambar 8. Diagram batang hasil validasi ahli materi terhadap aspek
kebenaran materi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan

Hasil validasi terhadap PPBK-DOTK yang telah dikembangkan, yaitu evaporasi, distilasi, dan ekstraksi menunjukkan kesalahan yang kecil, berarti proporsi kebenarannya sangat besar. Koreksi berupa kurangnya penjelasan terhadap kata-kata yang sulit, dapat ditambahkan melalui revisi. PPBK-DOTK oleh ahli materi dinyatakan layak uji coba lapangan dengan revisi bagian yang salah.
b. Analisis Data Hasil Validasi Ahli Media
Validasi ahli media terhadap aspek desain presentasi, interaksi, informasi, pembelajaran, dan program ditampilkan pada Tabel 24. Berdasarkan validasi ahli media dari aspek desain presentasi menunjukkan skor rata-rata 4,44 termasuk kategori “sangat baik” yang berarti penampilan fisik PPBK-DOTK fungsional bagi peningkatan motivasi belajar peserta didik. Komposisi warna, penggunaan grafis, pemilihan jenis dan ukuran font, penggunaan tombol navigasi, konsistensi button, gambar dan animasi, video, dan penggunaan musik sangat mendukung penyajian materi dalam pembelajaran.
Tabel 24
Skor Rata-rata Hasil Validasi Ahli Media
pada Aspek-aspek Penilaian
No
Aspek Penilaian
Topik
Rata-rata
Evaporasi
Distilasi
Evaporasi
1.
Desain presentasi
4,44
4,44
4,44
4,44
2.
Desain interaksi
4,09
4,09
4,09
4,09
3.
Desian informasi
4,11
4,11
4,11
4,11
4.
Desain pembelajaran
4,64
4,64
4,64
4,64
5.
Desain Program
4,00
4,00
4,00
4,00
Jumlah
21,28
21,28
21,28

Rata-rata
4,26
4,26
4,26
4,26

Validasi ahli media terhadap aspek desain interaksi menunjukkan skor rata-rata 4,09 termasuk kategori “baik”, yang berarti interaksi PPBK-DOTK dapat memberikan kemudahan bagi peserta didik untuk memperoleh informasi yang diinginkan sesuai dengan kecepatannya sendiri. Penggunaan petunjuk belajar, kelayakan interaksi pembelajaran, keakraban dengan pengguna, pemberian motivasi, pemaksimalan proses pembelajaran, kemungkinan berpengaruh kuat kepada peserta didik, kemungkinan berpengaruh kuat kepada guru dan pengajarannya, relation to rest of educational program, penjelasan istilah, umpan balik terhadap respon peserta didik, penggunaan teks yang berbeda untuk menandai bagian yang penting mendukung interaksi dalam pembelajaran.
Validasi ahli media terhadap aspek desain informasi menunjukkan skor rata-rata 4,11 termasuk kategori “baik” yang berarti pengaturan isi ke sekuens pembelajaran memperhatikan aspek pembelajaran sehingga dapat tercipta suatu kondisi yang mampu memfasilitasi belajar. Berdasarkan aspek pembelajaran ahli media menilai dengan skor rata-rata 4,64 termasuk kategori “sangat baik”. Berdasarkan aspek program, ahli media memberi skor rata-rata 4,00 termasuk kategori baik. Skor rata-rata hasil validasi ahli media pada aspek-aspek penilaian pada Tabel 24 halaman 116. dapat dinyatakan dalam bentuk diagram batang pada Gambar 10. Secara keseluruhan produk dinilai dengan skor 4,26 dengan kategori “sangat baik”.
Gambar 9. Diagram batang skor rata-rata hasil validasi ahli media pada
aspek-aspek penilaian

Secara keseluruhan penilaian, masukan, dan saran dari ahli materi dan ahli media sebagai dasar pengambilan keputusan untuk melaksanakan revisi. Peran ahli materi dan ahli media tidak hanya berhenti sampai pada tahap ini saja. Diskusi terhadap hasil revisi terus dilakukan hingga PPBK-DOTK selesai serta siap disebarluaskan.
Skor rata-rata hasil validasi ahli media pada aspek-aspek kelayakan isi, penyajian, dan kegrafikaan dapat dilihat pada Tabel 25. Berdasarkan Tabel 25 tampak bahwa produk PPBK-DOTK ditinjau dari kelayakan isi memiliki skor 4,75 (“baik”), kelayakan penyajian dengan skor 4,08 (“baik”), dan kegrafikaan dengan skor 4,75 (“baik”). Tabel 25 dapat dinyatakan dalam bentuk diagram batang seperti terlihat pada Gambar 11 halaman 118. Berdasarkan Gambar 11 tampak bahwa secara keseluruhan produk PPBK-DOTK dinilai “baik”.

Tabel 25
Skor rata-rata hasil validasi ahli media pada aspek-aspek
kelayakan isi, penyajian, dan kegrafikaan
No
Aspek yang dinilai
Skor
Skor rata-rata
1
Kelayakan Isi
4,75
4,75
2
Kelayakan Penyajian (desain informasi)
4,16

4,08
3
Kelayakan Penyajian (desain interaksi)
4,00
4
Kelayakan Kegrafikaan (desain presentasi)
4,50

4,75
5
Kelayakan Kegrafikaan (desain informasi)
5,00
Rata-rata keseluruhan
4,53


Gambar 10. Diagram batang skor rata-rata hasil validasi ahli media pada
aspek-aspek kelayakan isi, penyajian, dan kegrafikaan


Berdasarkan validasi ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa PPBK-DOTK memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media yang dapat menambah motivasi peserta didik dalam belajar. Ahli media menilai bahwa PPBK-DOTK dapat diterima dan sangat dibutuhkan. PPBK-DOTK layak untuk uji coba lapangan dengan revisi sesuai saran.
2. Analisis II
Uji coba perorangan (preliminary field testing) bertujuan untuk memperoleh kelayakan produk awal yang dikembangkan. Dalam uji lapangan tahap ini penekanannya pada faktor proses belajar. Tanggapan dan saran peserta didik dalam tahap ini akan digunakan untuk merevisi produk sebelum digunakan pada main field testing.
Hasil evaluasi berupa skor penilaian terhadap software PPBK-DOTK pada aspek kegrafikaan atau tampilan dapat dilihat pada Tabel 17. Tanggapan peserta didik pada uji coba perorangan aspek tampilan untuk materi pokok evaporasi dengan skor 3,87, untuk distilasi dengan skor 3,87, dan ekstraksi 3,72, semua dalam kategori “baik”. Secara keseluruhan dari aspek tampilan atau kegrafikaan dengan skor 3,82, berarti kategori “baik”. Secara keseluruhan aspek tampilan dinilai “baik”.
Berdasarkan skor total dan rata-rata total tanggapan peserta didik pada uji coba perorangan di SMKN 2 Depok yang tampak pada Tabel 26 halaman 120, bahwa kelayakan software pembelajaran dari aspek tampilan secara keseluruhan dinilai “baik”. Hal ini mengidentifikasikan bahwa keterbacaan teks, pemilihan jenis dan ukuran huruf, keindahan tampilan layar, kualitas gambar dan animasi. komposisi warna, navigasi, daya dukung musik, dan interaksi mendapat tanggapan “baik” dan dapat menambah minat, motivasi, dan ketertarikan peserta didik untuk belajar secara mandiri.
Hasil evaluasi berupa skor penilaian terhadap software PPBK-DOTK pada aspek kelayakan isi dapat dilihat pada Tabel 18. Tanggapan peserta didik pada uji coba perorangan di SMKN 2 Depok, bahwa kualitas software dari aspek kelayakan isi, memiliki skor rata-rata pada materi evaporasi sebesar 3,90, distilasi dengan skor 3,77, dan ekstraksi dengan skor sebesar 3,90, semua dalam kategori baik. Secara keseluruhan aspek kelayakan isi memiliki skor rata-rata 3,85, dengan kategori “baik”.
Tabel 26
Skor Total Hasil Evaluasi Peserta Didik terhadap
Aspek Kegrafikaan atau Tampilan Media PPBK-OTK
(Skala 1-5)
No.
Resp*
Evaporasi
Distilasi
Ekstraksi
Skor total
Rata-rata total
Skor
Rata-rata
Skor
Rata-rata
Skor
Rata-rata
1
78
4,33
75
4,17
73
4,05
226
4,18
2
65
3,61
65
3,61
61
3,39
191
3,54
3
70
3,89
69
3,83
66
3,67
205
3,80
Rata-rata total
3,94

3,87

3,70

3,84
*Responden = peserta didik
Skor total hasil uji coba perorangan peserta didik untuk PPBK-DOTK dapat dilihat pada Tabel 27. Berdasarkan tabel tersebut tampak bahwa dari segi kelayakan isi seluruh peserta didik menilai “baik”. Secara keseluruahan produk dinilai dengan skor 3,86, termasuk kategori “baik”.
Tabel 27
Skor Total Hasil Evaluasi Peserta Didik terhadap
Aspek Kelayakan Isi PPBK-DOTK
(Skala 1-5)
No.
Resp*
Evaporasi
Distilasi
Ekstraksi
Skor total
Rata-rata total
Skor
Rata-rata
Skor
Rata-rata
Skor
Rata-rata
1
41
4,10
37
3,70
38
3,80
116
3,87
2
39
3,90
37
3,70
34
3,40
110
3,67
3
37
3,70
39
3,90
45
4,50
121
4,03
Rerata

3,9

3,77

3,9

3,86
*responden
3. Analisis III
Uji coba kelompok kecil juga dilakukan di SMKN 2 Depok. Uji coba kelompok kecil dilakukan terhadap 8 orang diambil secara acak, yaitu kelas XII Kimia Industri. Data hasil uji coba kelompok kecil ini dimaksudkan untuk rnengetahui beberapa kelernahan atau hambatan yang dihadapi ketika produk paket pembelajaran kimia tersebut digunakan. Uji coba kelompok kecil ini digunakan sebagai pengalarnan awal sebelum produk diujicobakan ke lapangan. Hasil evaluasi terhadap PPBK-DOTK pada aspek tampilan dapat dilihat pada Tabel 19.
Tanggapan peserta didik pada uji coba kelompok kecil, berdasarkan Tabel 19, bahwa kelayakan software pembelajaran berupa PPBK-DOTK dari aspek tampilan, memiliki skor rata-rata untuk evaporasi sebesar 4,03, distilasi sebesar 4,02, dan ekstraksi sebesar 4,05, semua dengan kategori “baik”. Kriteria “baik” terdapat pada keterbacaan teks, pemilihan ukuran huruf, keindahan tampilan layer, kualitas gambar dan animasi, screen design, animasi, penggunaan bahasa, kemudahan memilih menu, kemudahan mencari letak tombol, kecukupan interaksi, dan kelengkapan tombol-tombol menu. Secara keseluruhan aspek tampilan dinilai “baik”.
Hasil uji coba berupa skor penilaian terhadap software PPBK-DOTK pada aspek kelayakan isi dapat dilihat pada Tabel 20. Tanggapan peserta didik pada uji coba skala kecil menghasilkan skor rata-rata total pada materi pokok evaporasi sebesar 3,96, pada distilasi sebesar 4,01, ekstraksi 4,13, semua dalam kategori “baik”. Secara keseluruhan aspek kelayakan isi dinilai dengan kategori “baik”.
Tabel 28
Skor Total Hasil Evaluasi Peserta Didik terhadap
Aspek Kegrafikaan atau Tampilan Media PPBK-OTK
(Skala 1-5)
No.
Resp*
Evaporasi
Distilasi
Ekstraksi
Skor total
Rata-rata total
Skor
Rerata
Skor
Rerata
Skor
Rerata
1
67
3,72
73
4,05
70
3,88
210
3,89
2
65
3,61
84
4,67
67
3,72
216
4,00
3
68
3,78
67
3,72
72
4,00
207
3,83
4
81
4,50
62
3,44
84
4,67
227
4,20
5
78
4,33
65
3,61
69
3,83
212
3,93
6
79
4,39
72
4,00
69
3,83
220
4,07
7
73
4,13
69
3,83
69
3,83
211
3,91
8
70
4,28
86
4,78
83
4,61
239
4,43
Rata-rata
4,09

4,01

4,05

4,03

Skor total dan rata-rata total tanggapan peserta didik pada uji coba perorangan di SMKN 2 Depok yang tampak pada Tabel 28, menunjukkan bahwa kelayakan software pembelajaran dari aspek tampilan pada materi pokok evaporasi, distilasi, dan evaporasi dinilai “baik” dengan skor masing-masing 4,09, 4,01, 4,05 dengan kategori “baik”. Hal ini mengidentifikasikan bahwa keterbacaan teks, pemilihan jenis dan ukuran huruf, keindahan tampilan layar, kualitas gambar dan animasi. komposisi warna, navigasi, daya dukung musik, dan interaksi mendapat tanggapan “baik” dan dapat menambah minat, motivasi, dan ketertarikan peserta didik untuk belajar secara mandiri. Secara umum dari aspek kegrafikaan dinilai “baik” dengan skor 4,03.
Tabel 29
Skor Total Hasil Uji Coba Kelompok Kecil terhadap
Aspek Kelayakan Isi PPBK-DOTK
(Skala 1-5)
No.
Resp*
Evaporasi
Distilasi
Ekstraksi
Skor total
Rata-rata total
Skor
Rerata
Skor
Rerata
Skor
Rerata
1
38
3,8
42
4,2
43
4,3
123
4,10
2
36
3,6
42
4,2
39
3,9
117
3,90
3
40
4,0
43
4,3
34
3,4
117
3,90
4
43
4,3
36
3,6
47
4,7
126
4,20
5
42
4,2
38
3,8
39
3,9
119
3,97
6
41
4,1
34
3,4
38
3,8
113
3,77
7
37
3,7
39
3,9
45
4,5
121
4,03
8
40
4,0
47
4,7
45
4,5
132
4,40


3,96

4,01

4,13

4,03

Skor total dan rata-rata total tanggapan peserta didik pada uji coba kelompok kecil kecil di SMKN 2 Depok yang tampak pada Tabel 29, bahwa kelayakan software pembelajaran PPBK-DOTK dari aspek kelayakan isi pada materi pokok evaporasi, distilasi, dan evaporasi masing-masing dengan skor rata-rata 3,96, 4,01, dan 4,13, ketiganya dalam kategori “baik”. Secara keseluruhan dari aspek kelayakan isi memiliki skor 4,03 dengan kategori “baik”. Hal ini mengidentifikasikan bahwa PPBK-DOTK mendapat tanggapan “baik” dan dapat menambah minat, motivasi, dan ketertarikan peserta didik untuk belajar secara mandiri.
4. Analisis IV
Berdasarkan tanggapan peserta didik pada uji coba lapangan di SMKN 2 Depok tampak pada Tabel 21, bahwa kelayakan software pembelajaran untuk materi pokok evaporasi dari aspek kegrafikaan atau tampilan, semua dalam kategori “baik” dengan skor 4,07. Dengan demikian keterbacaan teks, pemilihan ukuran huruf, kualitas gambar dan animasi, animasi, komposisi warna, musik pengiring, daya dukung musik, penggunaan bahasa, narasi, kemudahan memilih menu, kemudahan mencari letak tombol, kecukupan interaksi, dan kelengkapan tombol-tombol menu mendapat tanggapan “baik”. PPBK-DOTK untuk materi pokok distilasi dari aspek tampilan, skor yang diperoleh 3,95, termasuk kategori “baik”. Sedangkan untuk materi pokok ekstraksi dari aspek tampilan, mempunyai skor 3,93 dengan kategori “baik”.
Hasil uji coba berupa skor penilaian terhadap paket pembelajaran pada aspek kelayakan isi untuk topik evaporasi, distilasi, dan ekstraksi pada uji coba lapangan dapat dilihat pada Tabel 22. Tanggapan peserta didik materi pokok evaporasi memiliki skor 4,05 dengan kategori baik. Pada materi pokok distilasi dan ekstraksi masing-masing dengan skor 3,82 dan 3,84, keduanya dalam kategori “baik”. Sedangkan secara keseluruhan dari aspek kelayakan isi mempunyai skor 3,90 dengan kategori “baik”.
Berdasarkan data pada Tabel 22 tersebut maka kesesuaian materi, kejelasan uraian materi, kejelasan contoh yang diberikan, kejelasan petunjuk belajar, kemudahan memahami kalimat pada teks, kemudahan memahami pembelajaran, ketepatan urutan penyajian, kecukupan latihan, kejelasan umpan balik, dan bantuan belajar dengan program mendapat tanggapan baik. Hal ini berarti materi yang disajikan dalam software PPBK-DOTK cukup mudah dipahami dan layak digunakan sebagai salah satu sumber belajar bagi peserta didik.
Skor total dan rata-rata total tanggapan peserta didik pada uji coba lapangan di SMKN 2 Depok yang tampak pada Tabel 30 halaman 127. Berdasarkan tabel tersebut diketahui bahwa kelayakan software PPBK-DOTK dari aspek tampilan secara umum mempunyai kategori “baik” dengan skor rata-rata 3,99. Skor total dan rata-rata total tanggapan peserta didik pada uji coba lapangan di SMKN 2 Depok yang tampak pada Tabel 31, bahwa kelayakan software pembelajaran dari aspek tampilan secara umum dinilai “baik”. Hal ini berarti pembelajaran menggunakan software PPBK-DOTK mendapat tanggapan “baik” dan dapat menambah minat, motivasi, dan ketertarikan peserta didik untuk belajar.
Tabel 30 dan Tabel 31 dapat dirangkum menjadi Tabel 32, yaitu skor rata-rata aspek kegrafikaan dan kelayakan isi pada uji coba lapangan untuk materi pokok evaporasi, distilasi, maupun ekstraksi. Tabel 32 kemudian digambarkan dalam bentuk diagram batang pada Gambar 12. Secara umum pembelajaran menggunakan PPBK-DOTK dinilai “baik”.
Tabel 30
Skor Total Hasil Evaluasi Peserta Didik terhadap
Aspek Kegrafikaan atau Tampilan PPBK-OTK
(Skala 1-5)
No.
Resp*
Evaporasi
Distilasi
Ekstraksi
Skor total
Rata-rata total
Skor
Rerata
Skor
Rerata
Skor
Rerata
1.
69
3,83
72
4,00
80
4,44
221
4,09
2.
71
3,94
80
4,44
79
4,39
230
4,26
3.
72
4,00
68
3,78
73
4,05
213
3,94
4.
68
3,78
62
3,44
69
3,83
199
3,68
5.
68
3,78
72
4,00
70
3,89
210
3,89
6.
76
4,22
75
4,17
79
4,39
230
4,26
7.
67
3,72
70
3,89
64
3,55
201
3,72
8.
77
4,28
76
3,67
63
3,50
216
3,82
9.
71
3,94
83
4,61
67
3,72
221
4,09
10.
69
3,83
67
3,72
84
4,67
220
4,07
11.
75
4,17
67
3,72
75
4,17
217
4,02
12.
72
4,00
67
3,72
72
4,00
211
3,91
13.
66
3,67
71
3,94
71
3,94
208
3,85
14.
70
3,89
70
3,89
66
3,67
206
3,82
15.
81
4,50
69
3,83
62
3,44
212
3,92
16.
76
4,22
66
3,67
68
3,78
210
3,89
17.
80
4,44
79
4,39
67
3,72
226
4,18
18.
77
4,28
77
4,28
68
3,78
222
4,11
19.
80
4,44
74
4,11
74
4,11
228
4,22
20.
80
4,44
70
3,89
70
3,90
220
4,08

4,07

3,96

3,95

3,99
*responden = peserta didik
Skor total dan rata-rata total tanggapan peserta didik pada uji coba lapangan di SMKN 2 Depok yang tampak pada Tabel 31, menunjukkan bahwa kelayakan software PPBK-DOTK dalam pembelajaran dari aspek tampilan secara umum dinilai “baik”. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan software PPBK-DOTK dapat menambah minat, motivasi, dan belajar terasa menyenangkan bagi peserta didik. PPBK-DOTK merupakan media pembelajaran yang menarik bagi peserta didik.
Tabel 31
Skor Total Hasil Evaluasi Peserta Didik
terhadap Aspek Kelayakan Isi PPBK-DOTK
(Skala 1-5)
No.
Resp*
Evaporasi
Distilasi
Ekstraksi
Skor total
Rata-rata total
Skor
Rata-rata
Skor
Rata-rata
Skor
Rata-rata
1.
37
3,7
38
3,8
46
4,6
121
4,03
2.
44
4,4
46
4,6
46
4,6
136
4,53
3.
36
3,6
33
3,3
40
4,0
109
3,63
4.
35
3,5
37
3,7
38
3,8
110
3,67
5.
43
4,3
40
4,0
35
3,5
118
3,93
6.
42
4,2
43
4,3
44
4,4
129
4,30
7.
39
3,9
36
3,6
34
3,4
109
3,63
8.
40
4,0
35
3,5
36
3,6
111
3,70
9.
40
4,0
47
4,7
37
3,7
124
4,13
10.
40
4,0
34
3,4
47
4,7
121
4,03
11.
37
3,7
35
3,5
43
4,3
115
3,83
12.
40
4,0
31
3,1
32
3,2
103
3,43
13.
40
4,0
33
3,3
40
4,0
113
3,77
14.
41
4,1
35
3,5
37
3,7
113
3,77
15.
41
4,1
38
3,8
34
3,4
113
3,77
16.
45
4,5
37
3,7
33
3,3
115
3,83
17.
44
4,4
46
4,6
34
3,4
124
4,13
18.
39
3,9
43
4,3
36
3,6
118
3,93
19.
44
4,4
40
4,0
37
3,7
121
4,03
20.
44
4,4
37
3,7
37
3,7
118
3,93
*Responden = peserta didik
Tabel 32 menunjukkan kelayakan secara keseluruhan pembelajaran menggunakan PPBK-DOTK pada materi pokok evaporasi, distilasi, dan ekstraksi. Data yang diperoleh memang menunjukkan bahwa skor rata-rata total yang lebih rendah dari pada skor validasi ahli materi dan ahli media. Hal ini disebabkan aspek yang dinilai oleh ahli materi dan ahli media berbeda dengan aspek yang dinilai oleh peserta didik.
Tabel 32 Skor Rata-rata Aspek Kegrafikaan dan Aspek Kelayakan Isi
Berdasarkan Materi Pokok PPBK-DOTK
pada Uji Coba Lapangan
No
Aspek yang dinilai
Skor rata-rata setiap materi pokok
Rata-rata total
Evaporasi
Distilasi
Ekstraksi

1
Kegrafikaan
4,07
3,95
3,93
3,98
2
Isi
4,02
3,78
3,81
3,87
Rata-rata total
4,05
3,87
3,87
3,93



Gambar 11. Diagram batang aspek kegrafikaan dan kelayakan isi setiap
materi pokok PPBK-DOTK

Tabel 33 menggambarkan skor rata-rata total yang diambil dari skor pada evaluasi terhadap materi pokok evaporasi, distilasi, maupun ekstraksi. Rata-rata totalnya dibuat diagram batang pada Gambar 13, bahwa berdasarkan aspek kegrafikaan diperoleh skor rata-rata 3,98 (“baik”), dari aspek kelayakan isi diperoleh skor rata-rata 3,87 (“baik”), dan secara keseluruhan PPBK-DOTK mempunyai skor 3,93 (“baik”).
Tabel 33Skor Rata-rata Aspek Kegrafikaan dan Aspek Kelayakan Isi
Secara Menyeluruh pada Uji Coba Lapangan
di SMKN 2 Depok Sleman
No Responden
Skor Rata-rata Aspek Penilaian
Rata-rata total
(A+B)/2
Kegrafikaan (A)
Kelayakan Isi (B)

4,09
4,03
4,06

4,26
4,53
4,40

3,94
3,63
3,79

3,68
3,67
3,68

3,89
3,93
3,91

4,26
4,30
4,28

3,72
3,63
3,68

3,82
3,70
3,76

4,09
4,13
4,11

4,07
4,03
4,05

4,02
3,83
3,93

3,91
3,43
3,67

3,85
3,77
3,81

3,82
3,77
3,80

3,92
3,77
3,85

3,89
3,83
3,86

4,18
4,13
4,16

4,11
3,93
4,02

4,22
4,03
4,13

4,08
3,93
4,01
Rata-rata
3,99
3,90
3,95


Gambar 12. Diagram batang skor rata-rata hasil uji coba lapangan terhadap aspek kegrafikaan dan kelayakan isi PPBK-DOTK


Gambar 13. Diagram batang persentase kelayakan PPBK-DOTK hasil
uji coba lapangan berdasarkan rata-rata

Data dari 20 responden pada uji coba lapangan menunjukkan, bahwa yang menjawab dengan kriteria baik ada 2 orang, dan yang menilai baik ada 18 orang. Hasilnya menunjukkan bahwa peserta didik yang menilai “sangat baik” sebanyak 10% dan menilai baik 90%. Gambar 14 menunjukkan persentase responden yang menjawab sangat baik dan baik. Secara umum PPBK-DOTK dinilai layak digunakan sebagai media pembelajaran yang akan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Pada akhirnya media ini akan dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik.
C. Revisi Produk
1. Revisi I
Revisi produk berdasarkan saran dari ahli materi, dilakukan kurang lebih selama dua minggu karena harus menambah video dan membetulkan setiap tampilan. Berdasarkan analisis data evaluasi ahli materi dan ahli media pembelajaran, telah dilakukan beberapa revisi. Saran dari ahli materi dan revisinya berdasarkan koreksi tampilan media adalah sebagai berikut:
a. Kesalahan pada Halaman Utama, gambar dan animasinya tak sesuai dengan petunjuk, pembelajaran. Sarannya, hapus atau ganti dengan gambar yang sesuai. Hasil revisinya, sudah dilakukan revisi, gambar diganti dengan yang lebih sesuai
b. Kesalahan pada Halaman Petunjuk, konsistensi istilah “paket” dan “modul”. Sarannya, dibuat konsisten istilah paket atau modul. Revisinya semua sudah diubah menjadi dalam bentuk “paket”
c. Kesalahan pada Halaman Petunjuk bagian petunjuk umum, yaitu kata ”kamu” ”bisa”, dan ”link”. Sarannya ”kamu” diganti ”Anda”, ”bisa” diganti ”dapat”, dan kata ”link” dicetak miring. Revisi sudah dilakukan sesuai saran.
d. Kesalahan pada gambar belum diberi nomor urut dan keterangan (narasi). Saran-saran yang disampaikan yaitu: (1) beri nomor urut, (2) cantumkan sumbernya, (3) tambah narasi, (4) gambar dibuat cukup jelas dan besar, grafik tergolong gambar, tabel bukan gambar. Revisi sudah dilakukan yaitu: (1) gambar sudah diberi nomor urut, narasi, dan dicantumkan sumbernya dan (2) gambar dapat diperbesar.
e. SK dan KD belum dicantumkan, disarankan mencantumkan SK dan KD. Revisi sudah dilakukan sesuai saran.
f. Istilah dan urutan penyajian belum tepat. Disarankan urutannya adalah SK, KD, dan Tujuan Pembelajaran. Istilah ”topik” disarankan diganti dengan ”materi pokok”. Revisi sudah dilakukan sesuai saran.
g. Istilah indikator tidak tepat, disarankan indikator tidak dicantumkan, yang dicantumkan tujuan pembelajaran, dan diberi pengantar. Revisi sudah dilakukan sesuai saran, sebelum tujuan pembelajaran disampaikan ada kalimat pengantar misalnya ”Setelah mempelajari uraian materi pokok evaporasi I, anda akan dapat: ….”
h. Apersepsi, bentuk pertanyaan atau pernyataan kurang luas, disarankan ditambah materi yang telah dipelajari dan materi yang akan dipelajari. Revisi sudah dilakukan sesuai saran.
i. Kesalahan pada ”Evaporator bertingkat banyak”, pada hal. 32 pada kalimat pertama dan kalimat terakhir. Disarankan kalimat “Bila kita menggunakan satu evaporator saja......” dan kalimat “Kalor yang diberi oleh.... “ diganti. Revisi dilakukan dengan mengganti menjadi “Bila dalam evaporator digunakan satu evaporator saja …….” dan “Kalor yang diberikan oleh …”.
j. Kesalahan pada soal latihan, pilihan jawaban a, b, c, d, dan e disarankan diganti dengan huruf besar. Revisi sudah dilakukan sesuai saran ahli materi
Revisi terhadap aspek kelayakan isi tidak terlalu banyak karena peneliti merupakan guru mata pelajaran dasar-dasar operasi teknik kimia di SMK Negeri 2 Depok. Kesalahan yang terjadi sebagian besar pada penulisan dan beberapa di antaranya pada konsep, akan tetapi secara umum dari aspek materi sudah benar. Penggunaan teks yang dominan masih dalam taraf wajar untuk pembelajaran di SMK yang perkembangan kognitifnya sudah mencapai tingkatan operasional formal. Gambar, foto, video dan animasi berfungsi untuk memperkuat teks saja dan diharapkan tidak berulang. Jika harus berulang, cukup menggunakan link. Revisi yang dilakukan dicantumkan pada Tabel 34.
Tabel 34
Revisi Produk berdasarkan Aspek Kelayakan Isi
No.
Bagian yang salah
Jenis kesalahan
Saran perbaikan
Hasil Revisi
1.
Istilah fluida
Dugunakan hanya untuk cairan
Fluida dapat digunakan untuk cairan atau gas

Sudah direvisi konsistensi istilah dan kebenaran isinya
2.
Rumus matematika
Belum diberi nomor
Beri nomor urut
Sudah dilakukan revisi
3.
Notasi
xoC
x oC
Sudah direvisi
4.
Prinsip distilasi
Air
Harusnya cairan
Sudah direvisi
5
Sifat campuran
Mereka tak dapat dipakai
Ganti dengan campuran
Sudah direvisi
6
Pengertian distilasi
Tidak konsisten
Ganti penyulingan dengan distilasi
Sudah direvisi
7
Distilasi uap

Uap mendidih
Uap air
Sudah direvisi

Saran dari ahli materi berdasarkan kuesioner yang diisi sangat berguna dalam menyempurnakan prototype CD pembelajaran. Saran dan revisinya berdasarkan aspek pembelajaran dapat dilihat pada Tabel 35.
Tabel 35
Revisi Produk berdasarkan Aspek Pembelajaran
No.
Aspek Pembelajaran
Komentar
Saran
Hasil Revisi
1.
Sasaran Program

Berbentuk indikator
Ubah indikator menjadi tujuan
Indikator sudah diganti dengan tujuan pembelajaran
2.
Petunjuk Belajar

Berbentuk prasyarat
Ubah menjadi petunjuk belajar
Sudah direvisi
3.
Standar Kompetensi

KD belum tercakup
Ubah: SK dan KD
Sudah dicantumkan SK dan KD

4.
Metode

Masih bersifat searah
Ubah menjadi lebih interaktif, student active, atau student centered
Sudah direvisi sesuai saran, istilah kamu dan kita diganti dengan anda.

5.
Media

Yang harus ada tujuan, bukan indikator
Gambar kurang besar
Saran di teks
Gambar sudah diperbesar dalam bentuk animasi gambar statis

6.
Sumber
Belum tercantum pada narasi maupun gambar
Cantumkan pada narasi atau gambar, kutipannya
Sudah direvisi dengan mencantumkan sumber pada gambar

7.
Penggunaan Bahasa

Banyak kata asing tanpa tanda
Cetak miring
Istilah “kamu” ganti “anda”
Sudah direvisi
8

Kegrafikaan

Harus ada narasi yang menghubungkan dengan gambar
Tambah narasi
Sudah diberi nomor dan link

Hasil revisi dari ahli media dapat dilihat pada penjelasan di bawah ini:
a. Istilah “Latihan” pada tombol menu utama diganti
Sudah diganti
b. Harus memenuhi persyaratan multimedia interaktif yaitu: teks, gambar, animasi, dan sound. Jangan ada slide yang terlalu dominan teksnya. Revisi yang dilakukan adalah semua teks sudah sesuai dan sudah disertai link gambar, animasi, maupun movie. Sound sudah ditambahkan dengan musik yang lebih bervariasi pada setiap paket pembelajaran.

2. Revisi II
Revisi kedua terhadap PPBK-DOTK dilakukan berdasarkan hasil uji coba perorangan. Pada uji coba ini peserta didik memberikan tanggapan yang baik. Satu di atara subjek coba pada tahap ini sudah sangat akrab dengan software pembelajaran maupun tutorial di internet. Saran-saran dan masukannya menunjukkan penguasaan dan penghargaan atas kerja keras yang sudah dilakukan peneliti dalam mempelopori pembelajaran di SMK menggunakan multimedia. Bahkan peneliti diberi masukan tentang bagaimana memperoleh kelengkapan PPBK-DOTK, baik berupa gambar, animasi, maupun video. Masukan, komentar, dan saran-saran dan hasil revisinya secara lengkap dapat dilihat pada penjelasan di bawah ini:
Tabel 36
Komentar/Saran dan Hasil Revisi pada Uji Coba Perorangan
No
Komentar/saran
Hasil revisi
1
Perlu ditambahkan video
Telah direvisi dengan menambahkan video prosedur operasi standar untuk evaporator bertingkat dua, sehingga hasil revisinya berupa CD pembelajaran yang masing-masing materi pokok memiliki sampel video.
2
Supaya materi diperjelas dan diperbanyak
Telah direvisi dengan mengatur setiap gambar dengan keterangan dan link yang sesuai sehingga diharapkan tidak membingungkan pemakainya. CD hasil revisi sudah memenuhi syarat dan siap untuk uji coba yang lebih luas.
3
Picture diedit memakai program Photoshop
Telah direvisi gambarnya menggunakan program Photoshop sehingga tampilan gambar lebih jelas dan halus.
4
Permainan dimaksimalkan
Revisi telah dilakukan dengan mengganti gambar pereaksi kimia dari foto-foto yang sesuai
5
Tombol “kembali” dapat menuju ke “halaman utama”
Telah direvisi dengan menambahkan tombol “halaman utama” pada setiap tampilan, baik pembelajaran, rangkuman, latihan, maupun penilaian.
6
Contoh alat harus dilengkapi gambar
Revisi dilakukan dengan menambahkan skema beserta gambar dan keterangannya serta animasi yang sesuai.
7
Font dibuat lebih menarik
Telah direvisi dengan mengganti jenis font disesuaikan dengan kebutuhan agar terlihat lebih menarik.

3. Revisi III
Revisi ketiga terhadap PPBK-DOTK dilakukan berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil dilakukan dengan mengganti musik pendukung pada menu materi dan penilaian dengan musik yang lebih semangat dan tetap memperhatikan keseimbangan bekerjanya otak kanan dan otak kiri sehingga belajar terasa enjoy, fun, dan menarik bagi peserta didik. Hasil revisi produk pembelajaran dari uji coba kelompok kecil dapat dilihat pada Tabel 37 berikut ini:
Tabel 37
Komentar/Saran dan Hasil Revisi pada Uji Coba Kelompok Kecil
No
Komentar/saran
Hasil revisi
1
Tabel kurang jelas
Tabel sudah direvisi dan diubah dalam bentuk animasi gambar diam sehingga dapat terbaca dengan baik.
2
Gambar dan video kurang jelas, perlu ditambahkan dan ditingkatkan kualitasnya
Gambar sudah direvisi, terutama yang menyangkut foto, sehingga terlihat lebih cerah dan menarik. Video sudah diperbaiki dengan menampilkan segmen-segmen penting dalam suatu proses. Juga sudah ditambahkan teks singkat yang memperkuat pemahaman gambar bergerak tersebut.
3
Uraian (teks) disederhanakan, jangan terlalu banyak, atau diperdengarkan, agar peserta didik tidak cepat bosan
Uraian sudah direvisi dalam bentuk animasi teks. Dilengkapi pula dengan gambar yang sesuai beserta link animasinya. Sebagian teks yang terlalu panjang sudah diringkas.
4
Background monoton dan kurang menarik, setiap materi pokok lebih spesifik
Revisi sudah dilakukan terhadap background agar tampilan lebih menarik dan menambah motivasi dalam mempelajarinya.
5
Ditambah latihannya
Laihan sudah ditambahkan dengan total soal latihan mencapai 120 butir soal pilihan ganda
6
Screen dan animasi diperbaiki
Animasi dan screen sudah diperbiki secukupnya dengan diperhalus gerakannya dan tampilan lebih cerah.

Apabila dilihat dari berbagai jenis kesalahan dan saran antara lain; revisi ahli bidang studi, ahli materi, ahli media, maupun revisi dari peserta didk pada uji coba perorangan, kelompok kecil dan lapangan, maka dapat dijelaskan bahwa, program pengembangan paket pembelajaran kimia berbantuan computer perlu perbaikan menyangkut aspek kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan. Setelah dilakukan revisi, maka diperolehh produk/CD pembelajaran.
Perbaikan dan penyempurnaan berdasarkan analisis data uji coba dilaksanakan untuk menghasilkan kelayakan produk pengembangan. Sebuah produk dikategorikan layak apabila aspek kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan, dapat meningkatkan minat dan motivasisi belajar serta efektif untuk digunakan sebagai media pemelajaran. Agar hasil produk lebih maksimal dan layak digunakan lebih jauh lagi, maka diperlukan sebuah tim pengembang yang terdiri dan ahli pengembang kurikulum, ahli bidang studi dan ahli materi yang profesional, ahli media, dukungan dana dan waktu yang tersedia, dan kemampuan sarana-prasarana yang memadai.
Tabel 38
Komentar/Saran dan Hasil Revisi pada Uji Coba Lapangan
No
Komentar/saran
Hasil revisi
1
Materi diberi ulasan yang lebih lengkap dan disertai gambar
Uraian sudah direvisi dalam bentuk animasi teks. Dilengkapi pula dengan gambar yang sesuai beserta link animasinya. Sebagian teks yang terlalu panjang sudah diringkas.

2
Soal diberi pembahasan, diperbanyak, dan divariasi jenis soalnya
Selain diberi tambahan soal pada revisi ketiga, maka pada revisi keempat juga ditambahkan soal-soal uraian beserta pembahasannya

3
Diberi daftar kunci benar salahnya pada penilaian
Pada penilaian sudah direvisi dengan menampilkan kunci jawabannya untuk melihat soal yang salah dan benar

4
Musik diberikan yang lebih semangat
Musik sudah ditambahkan pada setiap pergantian materi pokok. Pada video liputan sendiri juga diberi background musik.

5
Jarak paragraf pendek dan terlihat padat
Teks sudah direvisi dengan membuat animasi teks serta penataan agar jarak antar paragraph terlihat normal dan nyaman untuk dilihat

6
Kalimat terlalu baku, kurang menarik
Beberapa kalimat sudah direvisi dengan lebih menekankan student centered dan pemilihan kalimat yang lebih sederhana

7
Penekanan pada hal-hal penting
Sudah direvisi dengan memberikan warna dan animasi warna pada bagian-bagian yang dianggap penting


D. Kajian Produk Akhir
Setelah melalui berbagai revisi maka diharapkan produk ini sudah layak digunakan sebagai media pembelajaran yang akan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Produk akhir siap dilakukan diseminasi terhadap guru-guru kimia industri maupun guru kimia pada umumnya.
Paket pembelajaran berbantuan komputer pada mata pelajaran dasar-dasar operasi teknik kimia (PPBK-DOTK) telah dikembangkan dengan memperhatikan aspek pembelajaran dan media sehagai prinsip desain pesan pembelajaran. Produk pengembangan PPBK-DOTK untuk peserta didik SMK kelas XII kimia industri telah dilakukan revisi dan penyempurnaan berdasarkan analisis data validasi dari ahli materi, ahli media yang dilanjulkan dengan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan.
Setelah melewati beberapa tahapan uji coba, baik uji kelayakan terbatas dari ahli materi dan ahli media, maupun uji lapangan yang meliputi preliminary field testing, main field testing, dan operational field testing, produk multimedia berbasis komputer hasil pengembangan tersebut sudah layak menjadi produk akhir yang dapat disebarluaskan dan diimplementasikan kepada para pengguna. Kelayakan tersebut dilihat dari rata-rata penilaian hampir semua tahapan, memberi skor dengan kategori ”baik”.
1. Manfaat Produk
Manfaat-manfaat yang diperoleh dari penggunaan produk PPBK-DOTK berdasarkan hasil wawancara dengan guru-guru program keahlian kimia industri dan analisis kimia adalah:
a. Dengan media komputer memberi kesempatan untuk belajar sesuai dengan kecepatan masing-masing
b. Dapat mengikuti petunjuk yang ada secara runtut.
c. Lay out dan backgroundnya yang digunakan dengan warna-warna yang cerah
d. Petunjuk yang ada tidak membuat kebingungan dan menjadikan belajar lebih cepat dengan menggunakan komputer.
e. Soal latihan yang bervariasi membuat tidak bosan dalam rnengerjakannya.
f. Pengulangan yang harus dilakukan saat jawaban salah menjadikan lebih memahami materi.
g. Dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran secara klasikal maupun individual.
Komentar mengenai keunggulan dan kekurangan program yang disampaikan dari peserta didik yang melakukan uji coba perorangan, kelompok kecil, dan lapangan pada aspek tampilan adalah sebagai berikut:
a. Keindahan tampilan layer, menurut pendapat mereka tampilan sudah menarik dan mudah dipahami, menambah minat untuk belajar, dan tidak membosankan.
b. Keterbacaan teks, menurut pendapat mereka teks sangat terbaca dengan jelas dan mudah dimengerti serta sangat membantu dalam proses pembelajaran.
c. Kualitas gambar dan animasi, menurut pendapat mereka sudah menarik, jelas, sudah baik bahkan sangat bagus dapat membuat peserta didik giat belajar, tetapi ada yang mengatakan kualitas gambar dan animasi masih kurang.
d. Komposisi warna, menurut mereka komposisi warnanya sangat menarik. Warna yang digunakan warna yang cerah dan tidak monoton, background warnanya mendukung sekali dalam pembelajaran, tidak mencolok, dan sangat cocok untuk belajar, cukup kontras dan serasi.
e. Navigasi, menurut pendapat imreka sudah baik, mudah, dan tidak membingungkan, tidak sulit dan mudah dijalankan.
f. Daya dukung musik, kurang menarik pada bagian materi dan evaluasi. Sebaiknya diganti dengan musik yang lebih semangat tetapi rileks, menyenangkan, dan menarik.
g. Interaksi dalam pembelajaran, menurut mereka interaksinya sudah bagus dalam pembelajaran, cukup, menarik, dan jelas.
Komentar mengenai keunggulan dan kekurangan program yang disampaikan dalam bentuk komentar dari peserta didik dalam uji coba perorangan, kelompok kecil, dan lapangan tentang materi pembelajaran adalah sebagai berikut:
a. Kesesuaian materi, menurut pendapat mereka sangat sesuai dengan apa yang mereka pelajari, cocok, dan sangat sesuai dengan materi pelajaran.
b. Kejelasan petunjuk belajar, menurut mereka sangat bagus, ada standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, pengetahuan prasyarat, dan lain-lain. Sebelum masuk menu materi pembelajaran, ada yang mengatakan sangat jelas dan tidak monoton sehingga dapat dimengerti.
c. Kemudahan memahami materi pelajaran, menurut mereka sangat mudah dipahami. ada yang mengatakan cukup mudah, kurang mudah dipahami pada materi evaporasi, sangat mudah dipahami karena disertai gambar dan animasi yang sangat menunjang materi pembelajaran, mudah dipahami, dan sangat jelas perlu lebih ditingkatkan lagi.
d. Ketepatan urutan penyajian, menurut pendapat mereka sudah tepat urutan penyajian materi pelajarannya, sudah sesuai dengan kurikulum yang dipakai di sekolah, sudah urut, dan sangat sistematis.
e. Bantuan belajar dengan program, menurut pendapat mereka sangat membantu dalam pembelajaran karena sangat praktis. sangat bagus karena peserta didik dapat lebih memahami dan lebih modern daripada pembelajaran terus- menerus di kelas yang membosankan, lebih enak belajar menggunakan CD dan membuat mereka jadi mandiri, bagus karena mereka tidak mengacu pada buku saja dan mereka dapat belajar dengan cara kerja yang baru.
Secara keseluruhan komentar, kritik, dan saran yang diberikan peserta didik adalah sebagai berikut:
a. Materi cukup menarik dan menambah pemahaman tentang materi pelajaran dasar-dasar operasi teknik kimia.
b. Pembelajaran dengan menggunakan CD sangat hagus dan menarik. Perlu diadakan variasi seperti ini dalam kegiatan belajar-mengajar agar para peserta didik tidak jenuh dalam pembelajaran. Selain fasilitas dalam pembelajaran dengan CD memberi manfaat positif juga dapat lebih memotivasi peserta didik untuk berekspresi dan hersemangat belajar lagi, karena dalam CD pembelajaran tersebut hanyak sekali gambar-gambar dengan full colour dan efek musik yang bagus sehingga tidak hanya otak kiri saja yang berkembang tapi juga otak kanan tetap bekerja secara seimbang.
c. Tampilan sudah bagus dan menarik
d. Belajar menggunakan CD pembelajaran akan lebih mudah diingat dan tidak terasa jenuh dibandingkan dengan pembelajaran di kelas, sehingga perlu variasi metode dan media dalam pembelajaran kimia di sekolah agar peserta didik merasa enjoy, fun, dan bersemangat dalam belajar serta dapat memberikan suasana baru dalam belajar.
e. Uraian materi terperinci, urutan penyajiannya sistematis, disertai gambar dan animasi sehingga mudah dipahami dan dimengerti oleh peserta didik.
f. Musik pendukungnya sebaiknya diganti dengan musik yang lebih meriah sehingga peserta didik dapat rileks dan bersemangat dalam belajar.
g. Peyampaian materi sebaiknya lebih variatif lagi sehingga tidak monoton.
h. Kualitas gambar dan animasi sebaiknya lebih ditingkatkan lagi.
i. Soal-soalnya sebaiknya diperbanyak lagi sebagai latihan.

2. Keunggulan dan Keterbatasan Produk
a. Keunggulan Produk
1) Memuat materi yang disusun berdasarkan kurikulum tingkat satuan penddikan di SMKN 2 Depok yang dikenal sebagai Kurikulum SMKN 2 Depok.
2) CD pembelajaran dapat dijalankan tanpa menginstall program flash.
3) Waktu yang digunakan untuk pembelajaran menjadi lebih singkat.
4) CD pembelajaran dapat digunakan berulang-ulang.
5) Peserta didik dapat belajar dengan memilih materi yang diinginkan sesuai kecepatannya masing-masing.
6) Adanya soal-soal latihan yang interaktif dengan memberikan umpan balik segera.
7) Penilaian yang diberikan mencakup keseluruhan materi, dan perolehan skor yang memungkinkan peserta didik lebih sunggung-sungguh dan teliti dalam menjawab.
8) Iringan musik disajikan tiap menu, menambah suasana belajar yang nyaman, menyenangkan, dan menarik.
b. Keterbatasan Produk
1) Tidak memuat materi secara lengkap sebagaimana pelajaran dasar-dasar operasi teknik kimia secara keseluruhan. tetapi hanya materi-materi pokok dan penting.
2) Pembajakan/memperhanyak terhadap produk CD pembelajaran sulit dihindari.
3) Penggunaan CD pembelajaran kimia ini membutuhkan komputer yang memiliki kemampuan akses cepat dan baik, misalnya minimal Processor Pentium 2 dan Memory minimal 64 MB.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar