Kamis, 17 Desember 2009

BAB V SIMPULAN DAN SARAN

BAB V
SIMPULAN DAN SARAN


A. Simpulan tentang Produk
Berdasarkan analisis data hasil uji coba lapangan pada penelitian pengembangan yang telah diuraikan pada bab IV, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Berdasarkan pengembangan produk PPBK-DOTK menurut tahapan penelitian pengembangan:
a. Produk PPBK-DOTK telah dikembangkan sesuai dengan prosedur pengembangan, yaitu melalui tahap
identifikasi, tahap desain dan pengembangan, tahap produksi, dan tahap evaluasi.
b. Materi yang dikembangkan menjadi produk software PPBK-DOTK yaitu materi pokok evaporasi, distilasi,
dan ekstraksi.
c. PPBK-DOTK yang dikemabngkan, telah melalui tahap desain dan pengembangan meliputi
langkah-langkah menentukan standar kompetensi dan kompetensi dasar, mengembangkan dan memilih
materi pembelajaran, memilih strategi pembelajaran dan pengalaman belajar, menyusun indikator,
menyusun butir-butir tes, pembuatan flow chart, dan penyusunan storyboard.
d. PPBK-DOTK yang dihasilkan berupa CD pembelajaran interaktif, jika dimasukkan ke dalam CD ROM
langsung aktif dan dapat digunakan untuk pembelajaran individual maupun klasikal, berisi sajian materi
seperti pada desain dan pengembangan, ditambah pengetahuan prasyarat dan apersepsi.
e. Evaluasi terhadap produk PPBK-DOTK dengan tahap-tahap review ahli materi dan ahli media, uji coba
perorangan dan kelompok kecil, dan uji coba lapangan, analisis, dan revisi sehingga menjadi produk akhir
yang layak digunakan sebagai alternatif sumber belajar.dan media pembelajaran yang menarik.
2. Kelayakan produk PPBK-DOTK secara keseluruhan, dari aspek kegrafikaan, maupun dari aspek kelayakan isi
adalah sebagai berikut:
a. PPBK-DOTK secara keseluruhan memiliki kategori “baik”, sehingga layak digunakan sebagai alternatif
sumber belajar dalam memecahkan masalah pembelajaran dan menjadi media yang memiliki daya tarik
bagi peserta didik.
b. Berdasarkan aspek kegrafikaan, maka produk software PPBK-DOTK memiliki kategori “baik”,
berarti ditinjau dari ilustrasi, gambar, animasi, video, jenis dan ukuran font, musik, sound, dan narasi,
lay out, desain tampilan, dan interaksi, software layak digunakan sebagai media pembelajaran yang
menarik bagi peserta didik.
c. Berdasarkan aspek isi, maka produk software PPBK-DOTK dinilai “baik”, artinya ditinjau dari keluasan
cakupan materi, kedalaman uraian materi, tingkat kesulitan materi, kejelasan contoh, kecukupan latihan,
pemberian umpan balik, dan kejelasan petunjuk belajar, software layak digunakan sebagai alternatif
sumber belajar bagi peserta didik.
B. Keterbatasan Penelitian
Peneliti menyadari bahwa dalam penelitian yang dilakukan masih memiliki kekurangan, antara lain:
1. Peneliti mengampu mata pelajaran dasar-dasar operasi teknik kimia program keahlian kimia industri.
Program keahlian ini merupakan program keahlian khusus yang hanya ada di beberapa Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK). Buku paket dan sumber belajar lainnya adalah hasil ringkasan dari berbagai sumber yang dikemas
oleh peneliti. Oleh karena itu ketika materi pelajaran harus dituangkan menjadi berbentuk CD pembelajaran,
terdapat banyak kesulitan teknis dan perlu waktu yang lama.
2. Peneliti juga menyadari penelitian yang dilakukan belum dapat mencerminkan standar kelayakan produk
pembelajaran. Dengan demikian produk perlu diujicobakan dengan subjek dan kawasan yang luas serta perlu
adanya pretest dan post-test yang belum dapat dilakukan oleh peneliti karena keterbatasan dana dan waktu yang
tersedia.
3. Keterbatasan biaya, waktu, dan tenaga sehingga penelitian ini masih terbatas pada satu sekolah yaitu di SMK
Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta. Produk belum diujicobakan ke skala yang lebih luas.
4. Keterbatasan lain yang ditemukan di lapangan, bahwa belum semua komputer di sekolah dilengkapi dengan
headphone, sehingga ketika dilakukan uji coba, ada beberapa siswa yang menggunakan headphone sedangkan yang
lainnya menggunakan speaker kecil.

C. Saran Pemanfaatan, Diseminasi, dan Pengembangan Produk Lebih Lanjut
1. Saran Pemanfaatan
a. Produk berupa software PPBK-DOTK sudah layak digunakan, akan tetapi perlu terus disempurnakan dengan
diujicobakan pada subjek dan kawasan yang lebih luas serta perlu adanya pre-test dan post-test.
b. Butir-butir pada instrumen penelitian perlu terus dikembangkan sehingga hasil penelitian menunjukkan
gambaran yang lebih komprehensif tentang kelayakan media pembelajaran berupa PPBK-DOTK.
c. PPBK-DOTK hanya bersifat membantu dalam proses pembelajaran untuk itu tetap diperlukan guru sebagai
fasilitator dan peserta didik tetap terlibat aktif dalam proses pembelajaran DOTK.
d. Agar kelayakan produk lebih maksimal dan layak digunakan lebih jauh lagi, maka diperlukan pengembang
yang terdiri dari ahli pengembang kurikulum, ahli bidang studi, dan ahli materi yang profèsional, ahli media,
dukungan dana, dan waktu yang tersedia, dan kemampuan sarana-prasarana yang memadai.
e. Produk ini disarankan untuk dapat dimanfaatkan secara maksimal, baik untuk peserta didik khususnya
maupun untuk guru, sehingga setiap peserta didik maupun para guru mendapatkan wawasan tentang mata
pelajaran DOTK. Harapan selanjutnya, dapat menjadi inspirasi bagi para guru lainnya untuk dapat membuat CD
pembelajaran sesuai dengan standar kompetensinya.
f. PPBK-DOTK dapat menjadi alternatif sumber belajar dan media belajar selain buku teks. Pengembangan ini
dirancang untuk pembelajaran mandiri, tetapi dapat digunakan sehagai pembelajaran kelompok atau klasikal.
g. Pengembangan PPBK-DOTK ini dapat juga dikembangkan untuk pembelajaran mandiri atau individual. Hasil
pencapaian skor dalam mengerjakan soal-soal latihan dapat diketahui secara langsung, sehingga akan bermanfaat
secara langsung bagi pengguna khususnya dan dunia pendidikan pada umumnya.
h. Paket pembelajaran yang telah dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan untuk pembelajaran DOTK kelas
XII semester gasal. Paket pembelajaran ini dapat digunakan untuk pembelajaran secara individu maupun klasikal.
Pada penggunaan secara klasikal diperlukan LCD projektor sebagai alat tambahan. Sebaiknya penggunaan software
dalam laboratorium akan lebih baik bila dilengkapi speaker dan headphone. sehingga suara dari komputer tidak
akan mengganggu pengguna komputer yang lainnya.
2. Diseminasi
a. Produk ini telah dilakukan diseminasi dengan memperkenalkannya kepada para guru kompetensi kejuruan
kimia industri. Tanggapan yang diperoleh rata-rata cukup positif dan para guru berkeinginan untuk memiliki CD
tersebut untuk dipelajari lebih lanjut.
b. Produk ini juga telah diberikan kepada beberapa peserta didik untuk dipelajari dan dikopi sesuai dengan
kebutuhan.
3. Pengembangan Produk Lebih Lanjut
a. PPBK-DOTK sebagai CD interaktif ini, setelah selesai direvisi dan menjadi produk akhir, rencananya akan
disebarluaskan ke semua pengguna yang membutuhkan, baik bagi peserta didik maupun guru. Penyebaran tahap
pertama dilakukan di lingkungan guru-guru kimia industri SMK Negeri 2 Depok yang jumlahnya 20 orang.
b. Produk CD pembelajaran DOTK ini hanya mengambil tiga materi pokok sebagai landasan awal, dan
rencananya akan dikembangkan untuk materi pokok yang lain, termasuk standar kompetensi kejuruan lainnya.
c. Untuk dapat dikatakan bahwa produk ini sudah layak dan efektif digunakan secara umum, masih perlu
diujicobakan ke skala yang lebih luas dan dibandingkan dengan produk-produk lain yang sejenis agar mendapatkan
suatu standar kelayakan dan pemenuhan kualitas minimal yang sudah ditentukan.
d. Produk PPBK-DOTK ini akan terus dikembangkan sehingga betul-betul menjadi salah satu sumber belajar yang
memenuhi syarat ilmiah. Kecenderungan buku teks menjadi buku teks elektronik ini perlu diantisipasi dengan terus
mengembangkan keluasan dan kedalaman materi serta kemudahan penggunaannya. Pada akhirnya produk ini
menjadi salah satu media yang mendukung era teknologi informasi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar